• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Perakunan Bebas

Pemberian jasa-jasa akuntansi kepada pemakai jasa oleh akuntan yang tidak terikat sebagai karyawan atau pegawai dari perusahaan pemakai jasa akuntansi (public accounting).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Perakunan Bebas?

Perakunan bebas atau yang biasa juga disebut sebagai akuntansi publik adalah bisnis yang menyediakan layanan akuntansi untuk perusahaan lain. Perakunan bebas juga dapat dipandang sebagai perusahaan akuntan yang melayani klien seperti bisnis (pengecer, produsen, perusahaan jasa, dll.), individu, organisasi nirlaba, dan organisasi pemerintah. Akuntan yang bekerja di perusahaan akuntansi publik disebut sebagai akuntan publik. Kantor perakunan bebas berkisar dari praktisi tunggal hingga beberapa perusahaan internasional besar yang mempekerjakan ratusan ribu CPA (Certified Public Accountant) di seluruh dunia. Di antaranya adalah perusahaan lokal dan regional serta perusahaan nasional dan internasional yang sangat besar.

Jasa Akuntansi Publik

Layanan yang diberikan oleh kantor akuntan publik bervariasi berdasarkan ukuran dan keahlian perusahaan. Berikut adalah beberapa layanan yang umum dalam sebuah perusahaan akuntansi publik:

  • Persiapan, peninjauan, dan audit laporan keuangan klien. Ini dapat mencakup penanganan banyak fungsi akuntansi berdasarkan outsourcing.
  • Pekerjaan pajak termasuk persiapan pengembalian pajak penghasilan, tanah dan perencanaan pajak, dll.
  • Konsultasi dan saran yang melibatkan sistem akuntansi seperti pemasangan sistem komputer besar, memberi saran pada kontrol mana yang akan dipasang, memberikan dukungan litigasi, atau merekonstruksi catatan akuntansi yang rusak, melakukan merger dan akuisisi, dan banyak lagi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Akuntan Publik

Akuntan publik adalah akuntan yang telah memperoleh izin dari menteri keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik di Indonesia.

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Laporan Keuangan

“Segala sesuatu yang dilaporkan; berita.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo