• Produk
  • Promo
  • Artikel

Penggelapan

Pemilikan sesuatu oleh seseorang dengan sengaja dan melawan hukum atas barang yang sebagian atau seluruhnya kepunyaan orang lain yang dipercayakan padanya (embezzlement).

Otoritas Jasa Keuangan

Penggelapan merupakan suatu tindakan tidak jujur dengan menyembunyikan barang/harta orang lain oleh satu orang atau lebih tanpa sepengetahuan pemilik barang dengan tujuan untuk mengalih-milik (pencurian), menguasai, atau digunakan untuk tujuan lain.

Wikipedia

Apa itu Penggelapan?

Penggelapan mengacu pada bentuk kejahatan kerah putih di mana seseorang atau entitas menyalahgunakan aset yang dipercayakan kepadanya. Dalam jenis penipuan ini, penggelap memperoleh aset secara sah dan memiliki hak untuk memilikinya, tetapi aset tersebut kemudian digunakan untuk tujuan yang tidak diinginkan. Kejahatan yang satu ini merupakan pelanggaran tanggung jawab fidusia yang dibebankan pada seseorang.

Sifat penggelapan bisa kecil dan bisa juga besar. Dana penggelapan bisa sekecil seorang pegawai toko mengantongi beberapa rupiah dari mesin kasir. Namun, pada skala yang lebih besar, penggelapan juga bisa terjadi ketika para eksekutif perusahaan besar menghabiskan jutaan rupiah, dengan mentransfer dana ke dalam rekening pribadi. Bergantung pada skala kejahatan, penggelapan mungkin dapat dihukum dengan denda atau penjara.

Jenis-jenis Penggelapan

Beberapa jenis penggelapan mungkin digabungkan dengan bentuk penipuan lain, seperti skema Ponzi. Dalam kasus seperti itu, penggelapan penipuan menipu investor untuk mempercayakan mereka dengan aset mereka untuk berinvestasi atas nama mereka tetapi alih-alih menggunakan uang itu untuk keuntungan pribadi. Untuk mempertahankan penipuan jenis ini, seringkali mereka mencari investor-investor baru lainnya untuk mendatangkan lebih banyak uang untuk menenangkan investor sebelumnya.

Seorang penggelap uang mungkin juga mentransfer aset lain selain uang. Penyelundup dapat mengklaim real estat, kendaraan perusahaan, smartphone, dan perangkat keras lainnya seperti laptop milik organisasi untuk penggunaan pribadi.

Penggelapan mungkin terjadi di sektor pemerintah juga jika karyawan menyita dana lokal, dana provinsi, atau nasional untuk diri mereka sendiri. Contoh seperti itu dapat terjadi ketika dana dicairkan untuk memenuhi kontrak atau untuk mendukung proyek, dan seorang anggota staf mengambil sebagian dari uang yang dialokasikan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pencucian Uang

“Penerimaan uang tunai dalam jumlah besar oleh perbankan atau lembaga keuangan dari masyarakat yang diduga berasal dari hasil perdagangan gelap narkotika; apabila uang tersebut disimpan dalam deposito ataupun ditanamkan dalam investasi lainnya, setelah melalui proses tersebut, seolah-olah uang itu merupakan hasil kegiatan transaksi yang sah.”

Selengkapnya

Kecurangan

Kecurangan / ke·cu·rang·an / n perihal curang; perbuatan yang curang; ketidakjujuran; keculasan

Selengkapnya

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo