• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pengawasan Devisa

Pengaturan pemerintah dalam bidang devisa untuk menstabilkan atau menaikkan nilai mata uang sendiri dan memperbaiki posisi neraca pembayaran (exchange control).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pengawasan Devisa?

Pengawasan Devisa adalah bentuk pengawasan atau pengontrolan aliran asing yang masuk ke dalam negeri dengan jalan yang membuat semua transaksi ekspor dan impor harus melalui pemerintah. Pengawasan ini dilakukan untuk memungkinkan negara-negara dalam menstabilkan ekonomi mereka dengan membatasi arus masuk dan keluar mata uang, atau barang ekspor dan impor yang dapat menciptakan volatilitas nilai tukar.

Menurut pasal ke-14 dalam Perjanjian Dana Moneter Internasional, negara yang bisa melakukan pengawasan devisa secara sah hanyalah negara yang mengalami ekonomi transisi yang bisa melakukan pengawasan devisa.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Devisa

"n: alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri."

Selengkapnya

Bank Devisa

“Badan usaha di bidang keuangan yang mengatur peredaran devisa, alat pembayaran luar negeri.”

Selengkapnya

Kebijakan Moneter

“Peraturan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh otoritas moneter untuk mengontrol uang beredar, inflasi, dan untuk memelihara stabilitas ekonomi suatu negara; hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti perubahan suku bunga, operasi pasar terbuka serta rasio amandemen cadangan aset dan simpanan tertentu (monetary policy).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo