• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pengawasan Berlapis

Salah satu cara pengamanan intern dengan menetapkan prosedur perolehan persetujuan melalui tahapan tertentu yang melibatkan persetujuan dua orang atau lebih (yang diberi wewenang khusus) dalam rangka meminimalkan kemungkinan terjadinya kecurangan atau penyelewengan (dual control).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pengawasan Berlapis?

Pengawasan berlapis merupakan sebuah prosedur pengawasan berupa pengecekan ulang atas suatu pekerjaan yang sudah dilakukan oleh petugas sebelumnya. Sistem pengawasan berlapis ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan dimana atasan dilibatkan dalam kegiatan operasional agar atasan tersebut bisa mengetahui dan mengawasi secara langsung pekerjaan yang dilakukan oleh anak buahnya mengingat menjalankan suatu bisnis adalah suatu hal yang beresiko sehingga tingkat pengamanannya harus dilakukan semaksimal mungkin.

Dalam kegiatan operasional perbankan, pengawasan berlapis ini digunakan saat membuka pintu kluis, transaksi di teller, opname kas, hingga membuka rekening baru.

Tujuan Pengawasan Berlapis

Pengawasan berlapis dalam bidang keuangan dilakukan oleh pengawas dengan tujuan sebagai berikut:

  • Memastikan pekerjaan atau transaksi yang dilakukan sudah dilaksanakan dengan benar.
  • Memastikan transaksi yang sudah dilakukan telah dicatat, dibukukan, dan diadministrasikan dengan benar.
  • Memastikan pelaksanaan tugas sudah dilakukan sesuai dengan batas-batas wewenangnya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pengawasan Anggaran

Penilaian suatu rencana anggaran keuangan dibandingkan dengan pelaksanaannya; berdasarkan penilaian tersebut, diperoleh kesimpulan, yaitu rencana anggaran telah atau belum dilaksanakan dengan efektif dan efisien (budgetary control).

Selengkapnya

Pengawasan Langsung

Pemantauan atas kegiatan bank yang dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan langsung terhadap bank yang ditunjuk dalam upaya mengetahui kebenaran laporan yang disampaikan atau untuk mengetahui kemungkinan penyimpangan yang dilakukan bank dalam kegiatan operasionalnya (on-site supervision).

Selengkapnya

Laporan

"Catatan terperinci mengenai akun seorang nasabah yang meliputi perkiraan debit, peluasan kredit, transfer antar-akun, dan biaya (statement)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo