• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pengawasan Anggaran

Penilaian suatu rencana anggaran keuangan dibandingkan dengan pelaksanaannya; berdasarkan penilaian tersebut, diperoleh kesimpulan, yaitu rencana anggaran telah atau belum dilaksanakan dengan efektif dan efisien (budgetary control).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pengawasan Anggaran?

Pengawasan anggaran adalah kegiatan melihat, memperhatikan, memonitor, memeriksa, menilai, dan melaporkan penggunaan anggaran yang dialokasikan untuk membiayai pelaksanaan dari rencana yang sudah direncanakan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar anggaran tersebut digunakan sebagaimana mestinya dan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Tujuan Pengawasan Anggaran

  1. Menjamin ketetapan pelaksanaan tugas sesuai dengan rencana yang sudah dibuat sesuai kebijakan.
  2. Melaksanakan koordinasi kegiatan-kegiatan.
  3. Mencegah pemborosan dan penyelewengan.
  4. Menjamin terwujudnya kepuasan masyarakat atas barang dan jasa yang dihasilkan.
  5. Membina kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan organisasi.

Prosedur Pengawasan Anggaran

Dalam melakukan pengawasan anggaran juga memiliki prosedur baku yang harus ditaati. Prosedur pengawasan ditentukan agar pengawasan anggaran tetap mempunyai batasan kerja yang tidak melanggar privasi lainnya. Ada tiga prosedur pengawasan yaitu;

  1. Memantau (monitoring)
  2. Menilai,
  3. Melaporkan hasil temuan kegiatan terhadap kinerja aktual berdasarkan proses dan hasilnya.

Kegiatan pengawasan anggaran dilakukan dengan mengunakan ukuran atau indikator berdasarkan kriteria yang telah digariskan dalam perencanaan. Pemeriksaan anggaran pada dasarnya merupakan aktivitas menilai, baik catatan (record) dan menentukan prosedur-prosedur dalam mengimplementasikan anggaran, apakah sesuai dengan peraturan, kebijakan, dan standar-standar yang berlaku. Dalam pemeriksanaan dilakukan oleh pihak luar lembaga (external audit), seperti BPK (badan pemeriksa keuangan) atau akuntan publik yang mempunyai sertifikasi, dan pimpinan langsung (internal audit) terhadap penerimaan dan pengeluaran biaya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Laporan

"Catatan terperinci mengenai akun seorang nasabah yang meliputi perkiraan debit, peluasan kredit, transfer antar-akun, dan biaya (statement)."

Selengkapnya

Anggaran

"anggaran/ang·gar·an/"

Selengkapnya

Pengawasan Langsung

Pemantauan atas kegiatan bank yang dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan langsung terhadap bank yang ditunjuk dalam upaya mengetahui kebenaran laporan yang disampaikan atau untuk mengetahui kemungkinan penyimpangan yang dilakukan bank dalam kegiatan operasionalnya (on-site supervision).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo