• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pengawas

peng·a·was/ Ek pihak yang mengawasi saham agar jumlah yang beredar tidak melampaui modal dasar perusahaan

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pihak yang memegang tanggung jawab untuk melakukan pengawasan atas pelaksanaan suatu kegiatan; dalam tugas pengawasan bank, pihak yang bertanggung jawab langsung atas pemantauan kinerja suatu bank adalah pengawas bank (supervisor).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Pengawas?

Pengertian pengawas atau yang biasa disebut dengan supervisor secara umum adalah jabatan yang bertugas menjadi pengawas dan pengarah. Secara khusus, dalam hal ini di bidang ekonomi dan perbankan, ada banyak macam pengawas dengan spesialisasinya masing-masing. Mulai dari pengawas saham, pengawas perbankan, pengawas keuangan, hingga pengawas bidang ekonomi, dan masih banyak lagi. 

Tugas Pengawas

Tugas pengawas bergantung pada spesialisasi yang mereka geluti. Misalnya saja, pengawas saham bertugas untuk mengawasi saham agar jumlah yang beredar tidak melampaui modal dasar perusahaan. Pengawas pialang bertugas untuk mengelola pialang di perusahaan pialang saham, perusahaan pialang hipotek, agen real estat, perusahaan asuransi, perusahaan pelayaran, atau perusahaan lain yang menggunakan pialang untuk melakukan bisnis. Selain itu, ada pengawas keuangan yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan. 

Sementara, ada juga pengawas perbankan yang sejak tahun 2014 diambil alih oleh Otoritas Jasa Keuangan (setelah sebelumnya tugas ini diemban oleh Bank Indonesia). Otoritas Jasa Keuangan bertugas untuk mengawasi bank secara langsung (on-site supervision) yang melakukan pemeriksaan umum dan pemeriksaan khusus dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran keadaan keuangan bank dan untuk memantau tingkat kepatuhan bank terhadap peraturan yang berlaku, serta untuk mengetahui apakah terdapat praktik-praktik tidak sehat yang membahayakan kelangsungan usaha bank; serta pengawasan tidak langsung (off-site supervision) yaitu pengawasan melalui alat pemantauan seperti laporan berkala yang disampaikan bank, laporan hasil pemeriksaan, dan informasi lainnya.

Tujuan Pengawas

Dalam bidang ekonomi dan keuangan, peran pengawas sangatlah penting. Yaitu untuk memastikan adanya kesejahteraan ekonomi bagi mereka yang terlibat, serta memastikan tidak adanya persaingan tidak sempurna, ataupun informasi yang tidak seharusnya yang berakibat merugikan pihak satu dan yang lainnya. 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Manajer Investasi

"Manajer Investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Pengawasan Langsung

Pemantauan atas kegiatan bank yang dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan langsung terhadap bank yang ditunjuk dalam upaya mengetahui kebenaran laporan yang disampaikan atau untuk mengetahui kemungkinan penyimpangan yang dilakukan bank dalam kegiatan operasionalnya (on-site supervision).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo