• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Penganjak Piutang

Pihak yang kegiatannya membeli piutang pihak lain dengan menanggung risiko tak terbayarnya utang (factor).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Penganjak Piutang?

Penganjak piutang adalah pihak atau perusahaan yang memberi jasa membeli piutang dari pihak kreditur atau yang biasa disebut anjak piutang. Penganjak piutang juga seringkali disebut sebagai perusahaan factoring, dan mereka akan mengambil alih piutang kreditur.

Mekanisme Transaksi dalam Anjak Piutang

  1. Kreditur menjual piutang yang dimilikinya kepada penganjak piutang. Kreditur bisa saja memberitahu debitur atau tidak.
  2. Penganjak piutang melakukan penagihan kepada debitur sebagai pihak yang memiliki utang sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan kreditur.
  3. Debitur membayar utangnya kepada penganjak piutang sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati.
  4. Penganjak piutang memberikan uang penjualan piutang dengan diskon kepada kreditur sesuai tanggung jawabnya sesudah semua permasalahan utang piutang selesai.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Anjak Piutang

Anjak piutang (bahasa Inggris: factoring) adalah suatu transaksi keuangan sewaktu suatu perusahaan menjual piutangnya (misalnya tagihan) dengan memberikan suatu diskon.

Selengkapnya

Piutang

"Uang yang dipinjamkan (yang dapat ditagih dari seseorang); utang-piutang, uang yang dipinjam dari orang lain dan yang dipinjamkan kepada orang lain."

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo