• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pengamanan

Tindakan yang dilakukan investor untuk mengatasi kecenderungan pasar surat berharga jangka panjang yang berubah secara tiba-tiba; ketika tingkat suku bunga meningkat, harga, dan instrumen pasar uang yang berpenghasilan tetap akan menurun, sedangkan pendapatan untuk instrumen obligasi akan meningkat; dalam kondisi pasar yang demikian diperlukan back-up bagi para pemegang obligasi karena tidak dapat mencairkan atau menjual obligasinya secara mudah seperti pada saat kondisi sebelum pasar berubah; ketika investor mengantisipasi akan terjadinya pergeseran atau perubahan di pasar dengan menukar obligasi jangka panjang menjadi obligasi jangka pendek, investor tersebut telah mem-back-up atau mengubah portofolio investasinya (back up).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pengamanan?

Pengamanan adalah segala urusan pekerjaan dan kegiatan mengenai pengumpulan, pengolahan, dan penafsiran data untuk memungkinkan perencanaan dan pengambilan tindakan guna penyelenggaraan pengembangan terhadap personal, material, bahan keterangan dan kegiatan/ operasi. Pengamanan dilakukan untuk mencegah hambatan-hambatan yang timbul karena kelalaian, kealpaan, hingga pengabaian yang dilakukan.

Tujuan Pengamanan

Pengamanan dilakukan untuk menjamin sejauh mungkin terpeliharanya suatu kondisi dimana:

  1. Tidak ada kesempatan atau peluang bagi lawan untuk berhasil melakukan spionase, sabotase dan penggalangan.
  2. Dapat dihindarkan atau ditekan sekecil mungkin kerugian personal; material dan data-data sebagai akibat kelalaian, kealfaan dan bencana alam.
  3. Dapat dihindarkan terjadinya hal-hal yang merugikan usaha-usaha pengamananan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pengawasan

Kegiatan untuk melakukan pemantauan atas pelaksanaan suatu kegiatan agar sesuai dengan ketentuan dan prosedur; sehubungan dengan bank, pengawasan dapat diartikan sebagai pemantauan kegiatan operasional bank agar dijalankan sesuai dengan ketentuan bank sentral; metode pengawasan yang dilakukan oleh Bank Indonesia mencakup pengawasan tidak langsung dan pengawasan langsung; pada dasarnya tujuan pengawasan bank adalah untuk mengantisipasi kemungkinan penyimpangan yang dilakukan oleh bank sehingga bank dapat beroperasi secara sehat (supervision).

Selengkapnya

Amanat

Amanat / ama·nat / n 1 pesan; perintah (dari atas): menyampaikan -- orang tuanya; 2 keterangan (dari pemerintah); 3 wejangan (dari orang yang terkemuka): dibacakan sebuah -- Jenderal Sudirman; -- Presiden dalam Kongres Pemuda;

Selengkapnya

Bahaya

"n: yang (mungkin) mendatangkan kecelakaan (bencana, kesengsaraan, kerugian, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo