• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pengalihan Kredit

Penjualan kredit kepada pihak lain dengan diketahui atau tanpa diketahui oleh pihak debitur, umumnya penjualan kredit ini untuk memenuhi ketentuan tingkat kesehatan bank (loan sale).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pengalihan Kredit?

Pengalihan kredit adalah istilah penjualan yang seringkali dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan, untuk mengalihkan kredit dari satu debitur ke debitur baru untuk menghindari pinjaman yang gagal dilunasi. Di Indonesia, pengalihan kredit seringkali terjadi dalam Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau kredit kendaraan bermotor.

Jenis Pengalihan Kredit

1. Pengalihan kredit dari satu bank ke bank lain

Melakukan pengalihan kredit dari satu bank ke bank lain dilakukan untuk mendapatkan bunga yang lebih kecil.

2. Pengalihan kredit dari debitur lama ke debitur baru

Pengalihan kredit ini biasanya dilakukan karena debitur menemukan rumah yang lebih baik, atau pindah ke luar kota, bisa juga karena debitur membutuhkan dana secara mendesak sehingga rumah terpaksa dijual.

Proses Pengalihan Kredit

1. Proses Melalui Bank

Pada proses ini, debitur menghubungi pihak bank untuk melakukan proses pengalihan kredit. Lalu, pihak bank akan melakukan analisa terhadap kemampuan finansial debitur untuk meneruskan angsuran pinjaman kepada debitur baru.

2. Proses Melalui Notaris

Debitur menghubungi notaris dan diwajibkan menyertakan beberapa dokumen pendukung. Notaris kemudian membuat Akta Pengikatan Jual Beli atas pengalihan hak atas pinjaman yang dimaksud berikut surat kuasa untuk melunasi sisa angsuran dan kuasa untuk mengambil sertifikat.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Analisis Kredit

“Orang yang menganalisis permohonan kredit dari berbagai aspek yang terkait untuk menilai kelayakan usaha yang akan dibiayai dengan kredit; analisis tersebut meliputi, antara lain, aspek hukum, lingkungan, keuangan, pemasaran, produksi, manajemen, ekonomi, dan tersedianya jaminan yang cukup.”

Selengkapnya

Nasabah Debitur

"orang atau lembaga yang berutang kepada orang atau lembaga lain."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo