• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pendapatan Diterima Di Muka

Pendapatan yang sudah diterima tetapi belum diakui sebagai pendapatan pada tahun buku bersangkutan sehingga dalam neraca muncul sebagai utang atau kewajiban (deferred income; deferred revenue; deferred credit).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Pendapatan Diterima Di Muka?

Pendapatan diterima di muka, atau juga dikenal sebagai pendapatan ditangguhkan, mengacu pada pembayaran di muka yang diterima perusahaan untuk produk atau layanan yang akan dikirim atau dilakukan di masa depan. Perusahaan yang menerima pembayaran di muka mencatat jumlah tersebut sebagai pendapatan yang ditangguhkan.

Pendapatan yang ditangguhkan masuk ke dalam liabilitas (kewajiban) karena mencerminkan pendapatan yang belum diperoleh dan mewakili produk atau layanan yang terhutang kepada pelanggan. Karena produk atau layanan dikirimkan dari waktu ke waktu, produk tersebut diakui secara proporsional sebagai pendapatan pada laporan laba rugi.

Kontrak menetapkan ketentuan yang berbeda, di mana dimungkinkan bahwa tidak ada pendapatan dapat dicatat sampai semua layanan atau produk telah disampaikan. Dengan kata lain, pembayaran yang dikumpulkan dari pelanggan akan tetap dalam pendapatan diterima di muka sampai pelanggan telah menerima sepenuhnya apa yang jatuh tempo sesuai dengan kontrak.

Cara Menghitung Pendapatan Diterima Di Muka

Pendapatan diterima di muka biasanya dilaporkan sebagai kewajiban lancar pada neraca perusahaan, karena ketentuan pembayaran di muka biasanya selama 12 bulan atau kurang. Namun, jika pelanggan melakukan pembayaran di muka di muka untuk layanan yang diharapkan akan dikirimkan selama beberapa tahun, bagian pembayaran yang berkaitan dengan layanan atau produk yang akan diberikan setelah 12 bulan sejak tanggal pembayaran harus diklasifikasikan sebagai pendapatan yang ditangguhkan di bawah bagian kewajiban jangka panjang dari neraca.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pendapatan

"n: Hasil kerja (usaha dan sebagainya); pencarian: ~nya sebulan tidak mencukupi."

Selengkapnya

Biaya Bunga Bayar Di Muka

Beban bunga yang sebenarnya belum menjadi kewajiban yang harus dibayar oleh perusahaan pada periode yang bersangkutan, tetapi telah dibayarkan lebih dulu (prepaid interest expense).

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo