Pendanaan

Definisi Pendanaan

Penyediaan dana yang bersumber dari utang lain untuk menyelesaikan utang ada satu atau sebelum jatuh tempo dengan kondisi yang lebih menguntungkan, misalnya dengan menerbitkan obligasi (funding).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pendanaan?

Pendanaan adalah cara memperoleh dana yang diperlukan baik sebagai modal utama maupun dana tambahan untuk pengerjaan proyek, program, atau portofolio yang dialokasikan demi berjalannya sebuah perusahaan, organisasi, ataupun proyek.

Perusahaan akan mendapatkan modal dalam bentuk utang atau ekuitas. Jika melalui utang, berarti perusahaan menjadi pihak peminjam dana. Sedangkan jika pendanaan berbentuk ekuitas, berarti  perusahaan menerima investasi dari para pemilik dengan menerbitkan saham atau menahan saldo laba.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Metode Pendanaan Melalui Hutang

Metode pendanaan yang menggunakan hutang, umumnya digunakan antara lain:

  • Pinjaman dari Lembaga Keuangan

Perusahaan mendapatkan pendanaan dari lembaga keuangan seperti bank komersial atau lembaga keuangan lainnya. Ketika mengajukan pinjaman, biasanya peminjam harus memberikan secara terperinci rencana keuangan yang menyebutkan proyeksi pendapatan dan beban di masa depan. Hal tersebut akan digunakan oleh pihak pemberi dana pinjaman sebagai penilaian kelayakan, yang biasanya dilihat dari beberapa faktor, seperti rencana penggunaan dana, kondisi keuangan perusahaan, dan jaminan yang bisa digunakan untuk mendukung pinjaman. 

  • Menerbitkan Obligasi

Perusahaan besar bisa memperoleh sumber dana dari menerbitkan obligasi (bonds) yang dimiliki, yaitu sekuritas utang jangka panjang yang dibeli oleh para investor. Beberapa perusahaan lebih memilih mencari pinjaman dengan cara ini karena suku bunganya yang bisa menjadi lebih rendah.

  • Menerbitkan Surat Berharga

Beberapa perusahaan juga dapat memilih menerbitkan surat berharga (commercial paper), yaitu sekuritas utang jangka pendek yang biasanya diterbitkan saat kondisi keuangan perusahaan dalam keadaan baik. Waktu jatuh tempo normal antara tiga dan enam bulan.

Metode Pendanaan Melalui Ekuitas

Berikut adalah jenis pendanaan yang diberikan lewat ekuitas:

  • Saldo Laba Ditahan

Perusahaan dapat memperoleh pendanaan melalui ekuitas dengan menahan laba dan tidak membagikannya atau dibagikan secara dividen ke para pemilik. 

  • Menerbitkan Saham

Perusahaan juga bisa mendapatkan pendanaan secara ekuitas dengan menerbitkan saham, baik saham biasa maupun saham preferen.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍