• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pemeliharaan

Proses untuk menjaga agar aktiva tetap selalu dalam keadaan baik dari waktu ke waktu; proses tersebut memerlukan pengeluaran yang dapat dibukukan sebagai suatu biaya dan dicatat dalam perkiraan beban perawatan; karena bersifat perawatan, pengeluaran tersebut tidak menaikkan nilai aktiva tetap secara langsung (maintenance).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pemeliharaan?

Pemeliharaan atau maintenance adalah kombinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu aset dan memperbaikinya agar selalu dalam keadaan siap pakai untuk melaksanakan produktivitas secara efektif dan efisien sesuai dengan standar (fungsional dan kualitas). Dalam prakteknya, pemeliharaan dapat diartikan sebagai tindakan merawat suatu barang atau peralatan dengan memperbarui usia peralatan tersebut.

Tujuan Pemeliharaan

  1. Memperpanjang kegunaan aset.
  2. Menjamin kesiapan operasional dari seluruh aset yang diperlukan dalam keadaan darurat setiap waktu.
  3. Menjaga kualitas pada tingkat yang tepat untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh produk itu sendiri dan kegiatan produksi tidak terganggu.
  4. Mencapai tingkat biaya pemeliharaan serendah mungkin, dengan melaksanakan kegiatan pemeliharaan secara efektif dan efisien.
  5. Membantu mengurangi pemakaian dan penyimpangan di luar batas dan menjaga modal yang diinvestasikan.

Jenis-jenis Pemeliharaan

  • Preventive Maintenance – Pemeliharaan yang dilakukan dalam periode waktu yang tetap atau dengan kriteria tertentu pada berbagai tahap proses produksi. Tujuannya agar produk yang dihasilkan sesuai dengan rencana, baik mutu, biaya, ataupun ketepatan waktunya.
  • Scheduled Maintenance – Pemeliharaan yang bertujuan mencegah terjadinya kerusakan dan perawatannya dilakukan secara periodik dalam rentang waktu tertentu.
  • Predictive Maintenance – Pemeliharaan dimana pelaksanaanya didasarkan kondisi aset. Pemeliharaan prediktif disebut juga perawatan berdasarkan kondisi.
  • Emergency Maintenance – Pemeliharaan aset yang memerlukan penanggulangan yang bersifat darurat agar tidak menimbulkan akibat yang lebih parah.
  • Breakdown Maintenance – Pemeliharaan yang bersifat perbaikan yang terjadi ketika aset mengalami kegagalan dan menuntut perbaikan darurat atau berdasarkan prioritas.
  • Corrective Maintenance – Pemeliharaan yang dilaksanakan karena adanya hasil produk (barang setengah jadi maupun barang jadi) yang tidak sesuai dengan rencana.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pengawas

peng·a·was/ Ek pihak yang mengawasi saham agar jumlah yang beredar tidak melampaui modal dasar perusahaan

Selengkapnya

Pengendalian Intern

Metode, prosedur, atau sistem yang dirancang oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, mengamankan harta, menjaga ketelitian data perakunan, menegakkan disiplin, dan meningkatkan ketaatan karyawan terhadap kebijakan perusahaan (internal control).

Selengkapnya

Inspeksi

Inspeksi / in·spek·si / /inspéksi/ n 1 pemeriksaan dengan saksama; peme-riksaan secara langsung tentang pelaksanaan peraturan, tugas, dan sebagainya: beberapa waktu yang lalu ketua pengadilan negeri itu meng-adakan -- ke daerah; 2 Mil pemeriksaan pasukan dengan cermat untuk mengetahui kesiapan di tempat masing-masing; 3 Pol wilayah jabatan inspektur; kantor inspektur: kantor -- wilayah; -- mendadak inspeksi yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan;

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo