• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pemborongan

/pem·bo·rong/ n 1 orang yang memborong; 2 kontraktor;

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pembelian komoditas atau sekuritas secara besar-besaran untuk memonopoli pasaran (engrossing; corner).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Pemborongan?

Kegiatan membeli komoditas atau sekuritas dalam skala besar dengan tujuan untuk memonopoli pasar biasa disebut dengan pemborongan. Pemborongan bisa berdampak buruk untuk kesehatan pasar pada umumnya, karena adanya risiko monopoli yang menyebabkan tidak adanya kebebasan untuk memilih komoditas dengan harga yang beragam, membatasi output ke pasar, mengisi harga yang lebih tinggi daripada di pasar yang lebih kompetitif, dan dikhawatirkan akan mengurangi surplus konsumen dan kesejahteraan ekonomi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pasar

1. tempat umum untuk menjual dan membeli barang; 2. bertemunya penjual dan pembeli barang atau jasa, tidak selalu harus ada tempat secara fisik, misalnya pasar uang (market).

Selengkapnya

Monopoli

“Situasi yang pengadaan barang dagangannya tertentu (di pasar lokal atau nasional) sekurang-kurangnya sepertiganya dikuasai oleh satu orang atau satu kelompok, sehingga harganya dapat dikendalikan.” / “hak tunggal untuk berusaha (membuat dan sebagainya).”

Selengkapnya

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo