• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pembiayaan Tambahan

Perbankan: pinjaman yang ditambahkan kepada utang pokok, biasanya untuk properti atau perbaikan rumah dan mengubah jumlah pembayaran dan persyaratan lain; keuangan: penerbitan surat-surat berharga yang baru pada tingkat bunga yang lebih rendah atau jangka waktu yang lebih panjang (refinancing).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pembiayaan Tambahan?

Pembiayaan tambahan yang dikenal dengan refinancing adalah pendanaan ulang utang dengan menutupi pinjaman yang dimiliki dengan pinjaman lain. Hanya saja, pinjaman yang baru ini memiliki ketentuan yang lebih meringankan dibanding pinjaman yang lama. Pinjaman ulang ini dapat dilakukan dengan lembaga pemberi pinjaman yang saat ini sedang berjalan atau dengan lembaga pemberi pinjaman yang lain. Dengan melakukan refinancing, bunga bisa lebih rendah dan cicilan per bulan juga akan menjadi lebih rendah.

Dalam mengajukan pembiayaan tambahan, akan diperlukan jaminan (berupa properti/kendaraan). Kemudian, jaminan tersebut akan ditaksir, dan dari situlah akan terdapat pinjaman baru. Jadi, uang tunai yang didapatkan bisa langsung dimanfaatkan untuk membayar sisa pinjaman lama. Sementara itu, pinjaman yang sudah didapatkan harus diangsur sampai lunas.

Kelebihan dan Kekurangan Pembiayaan Tambahan

Kelebihan Pembiayaan Tambahan

  • Pembiayaan tambahan biasanya memiliki suku bunga yang cukup rendah dan stabil, sehingga beban angsuran tidak terlalu besar.
  • Jika Anda berinvestasi pada bidang properti, pembiayaan tambahan akan membantu Anda, karena Anda dapat memperoleh properti lainnya tanpa harus menggadaikan surat kepemilikan properti pada bank.
  • Terbebas dari penalti jika melakukan pelunasan sebagian/seluruhnya sebelum akhir masa kredit.

Kekurangan Pembiayaan Tambahan

  • Bunga kredit akan meningkat hingga akhir tenor ketika pihak bank menyetujui permohonan penarikan penambahan nilai dari properti yang dimiliki.
  • Jika dana pinjaman yang diajukan untuk hal konsumtif, maka akan terdapat kesulitan dari proses pengajuan pembiayaan tambahan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Angsuran Tetap

"Pembayaran kewajiban dalam jumlah tetap dalam periode tertentu tanpa memperhitungkan jenis, jumlah pemakaian, pembelian, dan sebagainya; sin. tarif tetap."

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo