• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pembiayaan Proyek

Pembiayaan yang dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan untuk membiayai suatu proyek konstruksi; apabila proyek konstruksi tersebut berada di luar negeri, akan ditetapkan persyaratan tertentu dalam pemberian kredit tersebut; bank tersebut akan meminta jaminan bahwa pembayaran angsuran akan dilakukan sesuai dengan waktu yang ditetapkan (project finance).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pembiayaan Proyek?

Pembiayaan proyek adalah biaya yang diperuntukan untuk proyek konstruksi. Pihak yang membiayai proyek konstruksi ini adalah bank atau lembaga keuangan lainnya. Tujuannya agar pembangunan infrastruktur bisa berjalan dengan baik. Infrastruktur ini nantinya akan dinikmati oleh publik sebagai fasilitas umum. Misalnya pembangunan jembatan beton atau pembangunan jalan tol.

Dari contoh proyeknya saja, pembiayaan ini tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, tapi efeknya dapat dinikmati untuk jangka panjang. Misalnya jalan lintas Papua yang sebelumnya tidak ada, setelah ada sekarang distribusi ke Papua jadi semakin mudah dah kegiatan ekonomi pun semakin menyebar. Waktu pengerjaan proyek juga memakan waktu yang lama, tergantung apa proyek yang sedang dibangunnya.

Pembayaran Pembiayaan Proyek

Pembayaran atau repayment pembiayaan proyek bergantung kepada arus kas proyek bisa dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau skema Pembiayaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah (PINA). 

Jaminan untuk mendapatkan pembiayaan proyek adalah aset proyek tersebut. Oleh sebab itu, pihak swasta sangat tertarik untuk mendanai sebuah proyek infrastruktur. Untuk hal ini menggunakan skema PINA karena tidak menyangkut ke anggaran pemerintah.

Pembiayaan proyek juga dapat dilakukan ke luar negeri, dengan persyaratan tertentu. Pihak luar negeri yang dibiayai wajib membayar angsuran sesuai waktu yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Biaya

“Pengeluaran atau pengorbanan yang tak terhindarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh maslahat; pengeluaran untuk kegiatan, tujuan, atau waktu tertentu, seperti ongkos pengiriman, pengepakan, dan penjualan dimaksudkan untuk memperoleh penghasilan dalam laporan laba rugi perusahaan, komponen biaya merupakan pengurang dari pendapatan pengertian biaya berbeda dengan beban semua biaya adalah beban, tetapi tidak semua beban adalah biaya.”

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo