• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pembiayaan Penyediaan Barang

Kredit modal kerja untuk membiayai pembelian sediaan barang untuk dijual kembali; pembayaran dilakukan secara bertahap sesuai dengan jumlah yang telah terjual; kredit harus dijamin dengan piutang yang nilainya lebih tinggi daripada nilai sediaan karena piutang lebih cepat untuk diuangkan dan lebih mudah untuk mengajukan tambahan kredit (inventory financing).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Pembiayaan Penyediaan Barang?

Pembiayaan Penyediaan Barang atau yang kerap disebut sebagai pembiayaan inventaris adalah jalur kredit yang didukung aset, baik yang bergulir atau pinjaman jangka pendek yang dibuat untuk perusahaan sehingga dapat membeli produk untuk dijual. Produk-produk tersebut, atau persediaan, berfungsi sebagai jaminan untuk pinjaman jika bisnis tidak menjual produk-produknya dan tidak dapat membayar kembali pinjaman. Pendanaan inventaris sangat berguna untuk bisnis yang harus membayar pemasok mereka dalam periode yang lebih singkat daripada yang mereka butuhkan untuk menjual inventaris mereka kepada pelanggan. Ini juga memberikan solusi untuk fluktuasi musiman dalam arus kas dan dapat membantu bisnis mencapai volume penjualan yang lebih tinggi - misalnya, dengan memungkinkan bisnis memperoleh inventaris tambahan untuk dijual selama musim liburan.

Bagaimana Pembiayaan Penyediaan Barang Bekerja?

Pemberi pinjaman dapat melihat pembiayaan persediaan sebagai jenis pinjaman tanpa jaminan karena jika bisnis tidak dapat menjual persediaannya, bank mungkin tidak dapat meminjamkan dana. Realitas ini sebagian dapat menjelaskan mengapa, contohnya setelah krisis kredit tahun 2008, banyak bisnis di Amerika Serikat serta beberapa negara barat lainnya merasa lebih sulit untuk mendapatkan pembiayaan inventaris.

Pembiayaan inventaris adalah opsi pembiayaan populer untuk pengecer atau grosir berukuran kecil hingga menengah. Banyak bisnis kecil hingga menengah tidak memiliki sejarah keuangan atau aset untuk mendapatkan opsi pendanaan yang lebih kelembagaan yang dinikmati secara berkala oleh supermarket besar. Pedagang grosir kecil yang mungkin memiliki gudang penuh inventaris hanya memiliki sedikit opsi atau kelonggaran ketika mendekati bank untuk mendapatkan pinjaman tradisional. Pasar modal bukan sumber pembiayaan utama untuk usaha kecil dan menengah; perusahaan pembiayaan khusus seringkali memiliki keahlian dan kemampuan untuk bekerja dengan entitas yang lebih kecil yang ingin menjaminkan persediaan sebagai jaminan.

Seperti halnya tinjauan kredit, pembiayaan inventaris melibatkan analisis permintaan yang cermat dan unik. Bank dan tim kredit mereka akan mempertimbangkan bidang-bidang seperti pasar persediaan atau nilai jual kembali, ketahanan inventaris, ketentuan pencurian dan kehilangan, permintaan produk, siklus inventaris bisnis, ekonomi dan industri, logistik, dan kendala pengiriman. Singkatnya, setiap hal berpotensi diperhitungkan dalam menetapkan suku bunga pada pinjaman yang didukung aset dan tidak semua bentuk agunannya sama.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pinjaman Lunak

“Fasilitas pinjaman dengan syarat-syarat pelunasan ringan, tingkat suku bunga rendah dan berjangka waktu panjang; fasilitas ini diberikan oleh bank pembangunan multilateral dan bilateral, seperti IBRD, OECF untuk pembiayaan proyek pembangunan di negara-negara berkembang; biasanya, pinjaman lunak tersebut berjangka waktu panjang sampai dengan 50 tahun, selama masa tenggang hanya membayar bunga dan biaya pelayanan negara berkembang dengan pendapatan per kapita rendah dan negara berkembang yang mempunyai masalah dalam neraca pembayaran akan memperoleh fasilitas dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari jadwal pembayaran yang lebih ringan (soft loan).”

Selengkapnya

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo