• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pembiayaan Mezanin

Pembiayaan mezanin dapat dilakukan dalam dua cara, yaitu (a) dalam rangka restrukturisasi modal: jenis pembiayaan dalam rangka restrukturisasi modal yang biasanya dilakukan melalui merger atau akuisisi; pinjaman mezanin biasanya berbentuk pinjaman subordinasi berjangka waktu lebih dari lima tahun dan dilakukan melalui pembelian surat berharga; (b) dalam rangka masuk bursa (go public), pembiayaan tahap kedua atau tahap ketiga oleh perusahaan modal ventura sesaat sebelum perusahaan masuk bursa; perusahaan modal ventura memilih tahap pembiayaan ini karena risikonya lebih rendah daripada melakukan pembiayaan awal (start-up financing) karena dapat mengharapkan adanya presiasi modal lebih awal (mezzanine financing).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Pembiayaan Mezanin?

Pembiayaan mezanin adalah hibrida dari pembiayaan hutang dan ekuitas yang memberikan kreditur hak untuk mengkonversi ke bunga ekuitas dalam perusahaan, setelah perusahaan modal ventura dan pemberi pinjaman lainnya dibayar.

Cara Kerja Pembiayaan Mezanin

Pembiayaan mezanin menjembatani kesenjangan antara pembiayaan utang dan ekuitas dan merupakan salah satu bentuk utang berisiko tinggi. Pembiayaan ini lebih rendah dari ekuitas murni tetapi lebih senior dari hutang murni. Namun, ini berarti bahwa ia juga menawarkan beberapa pengembalian tertinggi jika dibandingkan dengan jenis utang lainnya, karena sering menerima tingkat antara 12% dan 20% per tahun.

Perusahaan biasanya mencari pembiayaan mezanin untuk mendukung proyek atau akuisisi pertumbuhan spesifik. Manfaat bagi perusahaan dalam memperoleh pembiayaan mezanin termasuk fakta bahwa penyedia modal mezanin sering merupakan investor jangka panjang di perusahaan. Ini membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan jenis pembiayaan lain karena kreditor tradisional umumnya memandang perusahaan dengan investor jangka panjang dengan cara yang lebih menguntungkan dan karena itu lebih cenderung untuk memperpanjang kredit dan persyaratan yang menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

Pro dan Kontra Pembiayaan Mezanin

Pembiayaan mezanin dapat mengakibatkan pemberi pinjaman memperoleh ekuitas dalam bisnis atau menjamin pembelian ekuitas di kemudian hari. Ini dapat secara signifikan meningkatkan Rate of Return (ROR). Selain itu, penyedia pembiayaan mezzanine menerima pembayaran bunga yang diwajibkan secara kontrak bulanan, triwulanan, atau tahunan.

Peminjam biasanya lebih menaruh minat pada utang mezanin karena bunganya dapat dikurangi dari pajak. Selain itu, pembiayaan mezanin lebih mudah dikelola daripada struktur utang lain karena peminjam dapat menentukan bunga mereka dalam saldo pinjaman. Jika peminjam tidak dapat melakukan pembayaran bunga terjadwal, sebagian atau seluruh bunga dapat ditangguhkan. Opsi ini biasanya tidak tersedia untuk jenis utang lain. Selain itu, perusahaan yang berkembang pesat nilainya dan merestrukturisasi pembiayaan mezanin menjadi satu pinjaman jangka panjang dengan tingkat bunga yang lebih rendah, yang tentunya menghemat biaya.

Namun, ketika mendapatkan pembiayaan mezanin, pemilik mengorbankan kendali dan potensi naik karena hilangnya ekuitas. Pemilik juga membayar bunga lebih banyak, semakin lama pembiayaan mezanin diberlakukan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Ekuitas

/eku·i·tas/

Selengkapnya

Akuisisi

“Pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset (dalam industri perbankan terjadi apabila pembelian saham di atas 50%); pengambilalihan kepemilikan perusahaan atau aset.”

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo