• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pembiayaan Bertahap

Pembiayaan proyek untuk konstruksi (properti, real estat) yang pembayarannya berdasarkan tahap penyelesaian proyek tersebut (take out loan).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Pembiayaan Bertahap?

Pembiayaan bertahap adalah jenis pembiayaan jangka panjang yang menggantikan pembiayaan sementara jangka pendek. Pinjaman seperti itu biasanya hipotek dengan pembayaran tetap yang diamortisasi. Lembaga yang mengeluarkan Pembiayaan Bertahap biasanya perusahaan keuangan besar, seperti perusahaan asuransi atau investasi, sementara bank atau perusahaan tabungan dan pinjaman biasanya mengeluarkan pinjaman jangka pendek, seperti pinjaman konstruksi.

Cara Kerja Pembiayaan Bertahap

Seorang peminjam harus melengkapi aplikasi kredit penuh untuk mendapatkan persetujuan untuk pembiayaan bertahap, yang digunakan untuk mengganti pinjaman sebelumnya, sering kali dengan durasi yang lebih pendek dan suku bunga yang lebih tinggi. Semua jenis peminjam bisa mendapatkan pembiayaan bertahap dari penerbit kredit untuk melunasi hutang masa lalu. Pembiayaan bertahap dapat digunakan sebagai pinjaman pribadi jangka panjang untuk melunasi saldo terutang sebelumnya dengan kreditor lain. Pembiayaan bertahap paling sering digunakan dalam konstruksi real estat untuk membantu peminjam mengganti pinjaman konstruksi jangka pendek dan mendapatkan persyaratan pembiayaan yang lebih menguntungkan. Ketentuan pembiayaan bertahap dapat mencakup pembayaran bulanan satu kali pada saat jatuh tempo.

Contoh Pembiayaan Bertahap

Asumsikan perusahaan ABC telah menerima persetujuan untuk rencana membangun gedung kantor real estat komersial selama 12 hingga 18 bulan. Mungkin memperoleh pinjaman jangka pendek untuk pembiayaan yang dibutuhkan untuk membangun properti, dengan pembayaran penuh diperlukan dalam 18 bulan. Rencana properti dicapai lebih cepat dari jadwal dan bangunan selesai dalam 12 bulan. ABC sekarang memiliki lebih banyak kekuatan negosiasi, karena properti yang sepenuhnya lengkap dapat digunakan sebagai jaminan. Dengan demikian, ia memutuskan untuk mendapatkan pembiayaan bertahap, yang memberikan pokok pinjaman untuk melunasi pinjaman sebelumnya enam bulan lebih awal.

Pinjaman baru memungkinkan perusahaan ABC untuk melakukan pembayaran bulanan selama 15 bulan dengan tingkat bunga yang setengah dari pinjaman jangka pendek. Dengan pembiayaan bertahap perusahaan dapat membayar kembali pinjaman jangka pendeknya enam bulan lebih awal, menghemat biaya bunga. Perusahaan ABC sekarang memiliki jangka waktu 15 bulan untuk membayar pembiayaan bertahap barunya dengan tingkat bunga yang jauh lebih rendah, menggunakan properti yang telah selesai sebagai jaminan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perakunan Biaya

Cabang ilmu akuntansi yang berhubungan dengan metode dan sistem pencatatan biaya langsung dan tidak langsung yang timbul dari jasa layanan bank pada berbagai unit dalam bank tersebut; perakunan biaya juga mencatat seluruh pengeluaran yang meliputi berbagai jenis biaya, seperti biaya overhead yang mencakup sewa gedung, peralatan dan biaya penunjang administrasi, gaji pimpinan, biaya pemasaran termasuk pemasangan iklan dan promosi (cost accounting).

Selengkapnya

Lembaga Keuangan

“Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).”

Selengkapnya

Asuransi

"Perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo