• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pembiayaan Awal

Dana yang digunakan untuk memulai suatu usaha atau untuk membeli aktiva; jika pembiayaan tersebut dilakukan melalui modal Ventura, pembiayaan tersebut dipakai sebagai unsur modal, sedangkan pembiayaan dari bank dipakai sebagai modal kerja (start-up financing).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pembiayaan Awal?

Pembiayaan awal merujuk ke model bisnis yang lebih runcing lagi. Biasanya pembiayaan awal ditemukan pada usaha yang model bisnisnya lebih serius dan bonafide. Misalnya, pembiayaan awal untuk mendirikan perusahaan rintisan (startup company). Pembiayaan awal tersebut merupakan modal untuk menjalankan bisnis perusahaan.

Tahapan Pembiayaan Awal

Dalam sebuah perusahaan rintisan (startup company) yang memberikan pembiayaan awal atau modal awal dalam merintis bisnisnya adalah perusahaan pendanaan atau investor. Dalam dunia bisnis, perusahaan pemberi modal biasa dikenal dengan sebutan Venture Capital (VC). 

Sebenarnya, ada tahapan dalam pemberian dana ke sebuah perusahaan. Tahapan tersebut dimulai dari:

  • Seed Funding

Tahap inilah yang disebut dengan pembiayaan awal. Investor biasanya memberikan modal sebesar Rp500 juta - Rp200 miliar untuk sebuah perusahaan rintisan.

  • Series A

Pada tahap ini biasanya perusahaan sudah mencapai tahap beta dan produknya siap digunakan. Investor biasanya memberikan modal sebesar Rp10 - Rp33 miliar.

  • Series B

Pada tahap ini perusahan sudah memiliki pengguna yang sudah cukup kuat. Investor biasanya memberikan modal sebesar Rp22 - Rp80 miliar 

  • Series C

Pada tahap ini perusahaan sudah memiliki profit bisnis yang bisa diandalkan. Perusahaan sudah ekspansi di sektor nasional dan internasional. Investor biasanya memberikan modal sebesar $25 - $100 juta

  • Initial Public Offering (IPO)

Pada tahap ini perusahaan sudah bisa melantai di bursa (go public). Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 5-10 tahun hingga perusahaan siap.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo