• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pemberi Kredit

Pihak yang memberikan kredit; lihat kreditur (lender).

Otoritas Jasa Keuangan

Kreditur adalah pihak ( perorangan, organisasi, perusahaan atau pemerintah) yang memiliki tagihan kepada pihak lain (pihak kedua) atas properti atau layanan jasa yang diberikannya (biasanya dalam bentuk kontrak atau perjanjian) di mana diperjanjikan bahwa pihak kedua tersebut akan mengembalikan properti yang nilainya sama atau jasa.

Wikipedia

Apa Itu Pemberi Kredit?

Pemberi kredit atau yang biasa disebut sebagai kreditur adalah individu, kelompok publik atau swasta, atau lembaga keuangan yang menyediakan dana bagi orang lain dengan harapan bahwa dana tersebut akan dibayar kembali. 

Bank, lembaga keuangan, investor, dan venture capital dapat dikatakan sebagai pemberi kredit, dan mereka biasanya meminjamkan uang berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan masing-masing institusi. Selain itu, mereka juga dapat memilih untuk menawarkan hanya jenis pinjaman tertentu, atau untuk membatasi aktivitas pemberian pinjaman mereka pada jenis entitas tertentu. Misalnya, kreditur dapat berspesialisasi dalam hipotek untuk perorangan, atau jalur kredit untuk bisnis. Para kreditur ini juga akan melihat sifat bisnis, karakter pemilik bisnis dan proyeksi penjualan tahunan dan pertumbuhan untuk bisnis.

Peran Kreditur

Pemberi kredit diperlukan karena beberapa alasan, termasuk yang berikut:

  • Menyediakan dana untuk pembelian besar yang akan diberikan kepada peminjam.
  • Meningkatkan jumlah pendanaan modal kerja.
  • Menyediakan jalur kredit cadangan untuk mendukung arus kas yang tidak teratur.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Lembaga Keuangan

“Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).”

Selengkapnya

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo