• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pembelian Akuisisi

Metode penilaian kembali (revaluasi): metode pencatatan penggabungan harta dan kewajiban perusahaan yang telah diakuisisi setelah dilakukan penilaian kembali berdasarkan harga pasar yang wajar dengan harta dan kewajiban perusahaan yang mengakuisisi; selisih antara nilai beli dan nilai wajar harga pasar atas harta dan kewajiban perusahaan yang dibeli tersebut dicatat oleh pembeli sebagai muhibah (goodwiIl); angka-angka keuangan kedua perusahaan tetap tergabung, tetapi nilai biaya historisnya ditetapkan kembali; metode penggabungan kepentingan (pooling of interest): metode pencatatan penggabungan harta dan kewajiban perusahaan yang telah diakuisisi tanpa melakukan penilaian kembali dengan harta dan kewajiban perusahaan yang mengakuisisi (purchase acquisition).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pembelian Akuisisi?

Pembelian akuisisi adalah metode akuntansi yang digunakan lebih dari sepuluh persen dari harga pembelian dibayarkan secara tunai, utang, atau saham preferen (preferensi saham), atau di mana kriteria lain untuk pengumpulan bunga tidak terpenuhi. Perusahaan yang melakukan pembelian memperlakukan perusahaan yang diakuisisi sebagai investasi, menambahkan aset yang diakuisisi ke dalam neraca sendiri, dan mencatat setiap premi yang dibayarkan di atas harga pasar sebagai muhibah (goodwill), yang akan dibebankan pada pendapatan di masa depan. 

Muhibah (goodwill) kemudian diamortisasi selama periode yang diizinkan (biasanya 40 tahun) dan sebagai biaya yang dapat dikurangkan dari pajak. Laba bersih perusahaan yang diakuisisi diakui sejak tanggal akuisisi. Metode ini telah menjadi standar yang diterima untuk akuntansi pembelian.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Akuisisi

“Pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset (dalam industri perbankan terjadi apabila pembelian saham di atas 50%); pengambilalihan kepemilikan perusahaan atau aset.”

Selengkapnya

Amortisasi

Prosedur akuntansi yang secara bertahap mengurangi nilai biaya dan suatu aktiva dengan umur manfaat terbatas atau aktiva tidak berwujud lain melalui pembebanan berkala ke pendapatan; amortisasi juga dapat berarti pengurangan utang dengan pembayaran pokok dan bunga secara teratur dengan jumlah tertentu sehingga pinjaman terbayar pada saat jatuh tempo (amortization; amorticement).

Selengkapnya

Muhibah

Nilai harta yang tidak berwujud, berupa kemampuan untuk memperoleh laba, seperti hubungan baik, letak yang menguntungkan; nilai tersebut diikutsertakan dalam menetapkan harga satu perusahaan, yang baru dapat diperhitungkan pada saat perusahaan dijual (goodwill).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo