• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pembedaan Upah

Perbedaan yang dibuat dalam tingkat upah untuk satu jenis pekerjaan karena perbedaan syarat kerja atau alasan lain (wage differential).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pembedaan Upah?

Pembedaan upah mengacu pada perbedaan upah atau gaji antara orang-orang dengan keterampilan yang sama di berbagai daerah atau industri. Ini juga dapat merujuk pada perbedaan upah antara karyawan yang memiliki keterampilan berbeda dalam industri yang sama. Umumnya, perbedaan upah direferensikan ketika membahas risiko yang diberikan dari pekerjaan tertentu. Misalnya, jika pekerjaan tertentu mengharuskan seseorang untuk bekerja di sekitar bahan kimia berbahaya, maka pekerjaan itu mungkin memiliki upah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pekerjaan lain di industri itu yang tidak perlu bersentuhan dengan bahan kimia berbahaya. Ada juga perbedaan upah geografis di mana orang-orang dengan pekerjaan yang sama dapat dibayar dengan jumlah yang berbeda berdasarkan dimana tepatnya mereka tinggal dan daya tarik daerah tersebut.

Faktor Pembedaan Upah

Berikut adalah beberapa faktor yang menimbulkan terjadinya pembedaan upah antar pekerja:

  1. Kompensasi – Perbedaan upah yang lebih tinggi seringkali dapat menjadi kompensasi untuk pengambilan risiko dalam pekerjaan tertentu, seperti bekerja dalam kondisi yang buruk atau harus bekerja dengan jam kerja yang tidak umum.
  2. Tingkat keterampilan yang berbeda – Kesenjangan antara pekerja yang kurang terampil dan sangat terampil semakin melebar setiap tahun. Salah satu alasannya adalah bahwa permintaan pasar untuk tenaga kerja terampil tumbuh lebih cepat daripada permintaan untuk pekerja semi-terampil. Hal tersebutlah yang dapat menaikkan upah pekerja. Pekerja dengan keterampilan tinggi jarang ditemui dan meningkatnya permintaan meningkatkan tingkat upah dalam suatu industri.
  3. Perbedaan dalam produktivitas tenaga kerja dan penciptaan pendapatan – Pekerja yang efisiensinya paling tinggi dan kemampuan untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan harus dihargai dengan upah yang lebih tinggi. Para ekonom dan analis kota sering kali dibayar sangat tinggi karena mereka dapat mengklaim bonus tahunan berdasarkan kinerja. Bintang olahraga papan atas dapat memperoleh upah tertinggi karena potensinya untuk menghasilkan pendapatan tambahan dari penjualan tiket dan penjualan barang.
  4. Serikat pekerja dan daya tawar kolektif – Serikat pekerja dapat menggunakan daya tawar mereka untuk mengimbangi kekuatan pemberi kerja dalam pekerjaan tertentu dan dalam melakukan hal itu mencapai kenaikan gaji dibandingkan dengan yang ditawarkan kepada anggota non-serikat.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Gaji

“upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap.”

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Good Governance

"Tata kelola organisasi yang baik dan sehat."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo