• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pembayaran Konstan

Pembayaran secara berkala dengan jumlah yang mencakup bunga dan pokoknya; setiap pinjaman dengan saldo pokok menurun apabila suatu angsuran pembayaran melebihi jumlah yang ditetapkan sehingga kelebihan tersebut dialokasikan untuk mengurangi pokok pinjaman, misalnya pinjaman kredit pemilikan rumah (KPR) dengan jumlah tetap (constant payment).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Pembayaran Konstan?

Pembayaran konstan adalah pembayaran yang selalu sama setiap bulan, tahun, tergantung hingga tenggat waktu yang disepakati. Pinjaman pembayaran konstan memungkinkan konsumen untuk membayar bunga dan pokok secara penuh pada pembayaran terakhir. Misalnya, pemilik rumah yang memperoleh pinjaman pembayaran konstan akan membayar jumlah tetap per bulan selama 30 tahun. Karena pemilik rumah membayar bunga dan pokok secara bersamaan, seluruh pinjaman akan dibayar penuh setelah 30 tahun.

Bagaimana Sistem Pembayaran Konstan?

Pembayaran Konstan paling sering digunakan dalam pinjaman berjumlah besar, biasanya berupa Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Pembeli rumah umumnya memilih pinjaman dengan suku bunga tetap atau dengan tingkat yang disesuaikan. Kurs yang dapat menyesuaikan dikenal sebagai kurs mengambang. Pembeli rumah harus memutuskan mana yang merupakan pilihan yang lebih baik.

Bank pada umumnya akan menawarkan berbagai pinjaman pembayaran tingkat bunga tetap, masing-masing dengan tingkat bunga yang berbeda-beda. Biasanya, pembeli rumah dapat memilih jangka waktu antara 15 tahun atau 30 tahun. Ada pula opsi untuk pinjaman dengan suku bunga disesuaikan. Secara historis, ini bisa memiliki pembayaran tingkat awal yang jauh lebih rendah atau lebih tinggi daripada pinjaman pembayaran suku bunga tetap. 

Pada saat tingkat bunga rendah, pembeli rumah baru bisa mendapatkan tingkat pengantar yang bahkan lebih rendah pada hipotek suku bunga yang dapat disesuaikan. Itu berarti penangguhan pembayaran dalam beberapa bulan segera setelah pembelian, sementara bank memiliki kemampuan untuk menaikkan suku bunga dan pembayaran karena suku bunga secara keseluruhan naik. Ketika suku bunga tinggi, bank cenderung menawarkan pemutusan pada pinjaman suku bunga tetap, karena mengantisipasi bahwa suku bunga pinjaman baru akan lebih rendah.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Angsuran Tetap

"Pembayaran kewajiban dalam jumlah tetap dalam periode tertentu tanpa memperhitungkan jenis, jumlah pemakaian, pembelian, dan sebagainya; sin. tarif tetap."

Selengkapnya

Pinjaman Nisbah Tinggi

“Pinjaman hipotek yang jumlahnya mendekati nilai barang yang diagunakan yang nisbahnya lebih dari 80%; biasanya agunan yang bernisbah tinggi tersebut diasuransikan; misalnya, pinjaman hipotek di Indonesia adalah pinjaman untuk kredit pemilikan rumah.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo