• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pembayaran Bertahap

Sebagian pembayaran yang dilakukan oleh bank untuk menyelesaikan tahapan pada kredit konstruksi yang disesuaikan dengan perkembangan penyelesaian proyek yang dibiayai (progress payments).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pembayaran Bertahap?

Pembayaran bertahap adalah metode pembayaran dengan cara dicicil, tidak langsung lunas. Misalnya, seseorang membeli handphone terbaru dengan pembayaran bertahap, maka orang tersebut bisa membayar handphone tersebut sekian demi sekian selama masa kredit hingga lunas. Dengan begitu, pembayaran bertahap juga bisa diasosiasikan dengan cicilan.

Keuntungan Pembayaran Bertahap

Metode pembayaran bertahap ini banyak diminati masyarakat, ini karena adanya beberapa keuntungan seperti berikut:

  • Bisa membeli tanpa menunggu

Ketika menggunakan metode pembayaran bertahap, tidak perlu menunggu uang cukup untuk membeli suatu barang. Cukup bayar DP saja.

  • Tidak mengeluarkan uang banyak di awal

Misalnya harga motor Rp20 juta, maka cukup mengeluarkan uang muka saja sekitar 20% untuk membawa pulang motor tersebut.

  • Sisa uang bisa digunakan untuk keperluan yang lain

Apabila menggunakan metode cicilan dalam membeli suatu barang tanpa melunasinya terlebih dahulu, sisa uangnya dapat digunakan untuk keperluan lain.

  • Ada cicilan bunga 0%

Sekarang ini menjamur metode pembayaran cicilan dengan bunga 0%, sehingga pengguna pembayaran bertahap tidak dikenai biaya bunga tambahan.

  • Syaratnya terbilang mudah

Untuk lolos kredit, syaratnya terbilang mudah. Beberapa penjual hanya menyaratkan KTP saja untuk mengambil cicilan.

Kerugian Pembayaran Bertahap

Di samping kelebihan, metode pembayaran bertahap ada juga sisi kerugiannya. Antara lain sebagai berikut:

  • Ada biaya tambahan

Untuk menggunakan metode pembayaran cicilan, biasanya ada biaya administrasi yang harus dibayar. Namun, tidak semua metode pembayaran cicilan mematok biaya tambahan.

  • Ada pengeluaran setiap bulannya

Saat menggunakan metode pembayaran ada tenor hingga pembayaran tersebut dilunasi. Contohnya 1, 2, atau 3 tahun. Oleh sebab itu, cicilannya wajib dibayar per bulan.

  • Bunga setiap bulannya

Di setiap tahapan/cicilan yang dibayar setiap bulannya, ada bunga yang dibebankan kepada nasabah. Meskipun, ada beberapa program cicilan yang tidak memungut biaya bunga.

  • Harga bisa saja turun di kemudian hari

Misalnya kamu membeli handphone seharga Rp10 juta di tahun 2019, ada kemungkinan barang tersebut bisa turun harga 1-2 tahun kemudian. Sedangkan cicilan akan diteruskan hingga selesai, sesuai dengan harga awal barang.

 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Angsuran Tetap

"Pembayaran kewajiban dalam jumlah tetap dalam periode tertentu tanpa memperhitungkan jenis, jumlah pemakaian, pembelian, dan sebagainya; sin. tarif tetap."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Kartu Kredit

“Kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang memberikan hak kepada orang yang memenuhi persyaratan tertentu yang namanya tertera dalam kartu untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa, atau untuk menarik uang tunai dalam batas kredit sebagaimana telah ditentukan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit; dalam melaksanakan pembayaran kembali kredit tersebut, pemegang kartu tidak diwajibkan untuk melakukan pembayaran sekaligus, tetapi diberikan kelonggaran untuk membayar secara angsuran dengan tingkat bunga tertentu dan nilai angsuran sebesar persentase tertentu dari saldo kredit yang telah, digunakan (credit card).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo