• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pembawa

pem·ba·wa/ n 1 orang yang membawakan: dialah - berita ini; 2 alat untuk membawakan;- acara pengacara; pewara; - suara juru bicara; penyambung lidah;

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Orang atau perusahaan yang menguasai cek, surat, dan sejenisnya tanpa nama penerima; setiap pembawa dapat menerima pembayarannya; lihat bayar atas tunjuk (bearer).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Pembawa?

Pembawa, atau yang lebih dikenal dengan bearer sederhananya adalah orang atau perusahaan yang memegang atau menguasai, surat berharga atau instrumen pembayaran lainnya seperti cek. Item pembawa dapat diuangkan oleh siapa saja yang mempresentasikannya ke bank pembayar.

Instrumen Pembawa

Instrumen pembawa, adalah jenis jaminan pendapatan tetap di mana tidak ada informasi kepemilikan dicatat dan keamanan dikeluarkan dalam bentuk fisik kepada pembeli. Pemegang dianggap sebagai pemilik, dan siapa pun yang memiliki ikatan fisik berhak atas pembayaran kupon.

Instrumen pembawa digunakan terutama oleh investor dan pejabat perusahaan yang ingin mempertahankan anonimitas, akan tetapi hal ini dilarang di beberapa negara karena berpotensi digunakan untuk penyalahgunaan, seperti penggelapan pajak, pergerakan dana ilegal, dan pencucian uang.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cek

"Tanda berupa coretan atau yang serupa pada sesuatu yang menyatakan bahwa sesuatu itu telah diverifikasi; 2. perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas namanya atau atas unjuk (cheque)."

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Surat Berharga Negara (SBN)

“adalah Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo