Pembaruan

Definisi Pembaruan

Penerbitan promes baru untuk menggantikan promes yang telah jatuh tempo; pembaharuan juga dapat dilakukan hanya dengan memperpanjang jangka waktu promes yang telah jatuh tempo (renewal).

Otoritas Jasa Keuangan

Pembaruan / pem·ba·ru·an / n 1 proses, cara, perbuatan membarui: sudah banyak dibahas mengenai - cara berpikir masyarakat; 2 Antar proses mengembangkan kebudayaan, terutama dalam lapangan teknologi dan ekonomi;- sosial Politik gerakan umum atau hasil khusus untuk menghapuskan kesalahan fungsi sistem sosial atau bagiannya;

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Jenis Pembaruan Berdasarkan Ragam Produknya

1. Pembaruan Program

Pembaruan ini menyangkut program dan berkaitan dengan pembaruan yang sifatnya abstrak. Termasuk diantaranya adalah pembaruan kebijakan, keputusan, konsep baru, hingga rumusan hasil kajian dan penelitian.

2. Pembaruan Produk dan Teknologi

Pembaruan produk adalah pembaruan yang berwujud (tangible), konkret, berbentuk suatu barang. Kemunculan pembaruan produk sering kali dikaitkan dengan munculnya pembaruan dalam hal teknologi.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Karakteristik Pembaruan

1. Keuntungan Relatif (Relative Advantage)

Keuntungan Relatif (relative advantage) adalah taraf sejauh mana suatu pembaruan dianggap lebih daripada yang sebelumnya. Taraf keuntungan bisa dilihat dari aspek ekonomis, prestise sosial, kecocokan, dan kepuasan pengguna terhadap pembaruan yang dilakukan.

2. Kecocokan (Compatibility)

Kecocokan (compatibility) adalah taraf kesesuaian suatu pembaruan dengan nilai-nilai, pengalaman yang sebelumnya terjadi dalam produk ataupun program, serta kebutuhan pengguna terhadap pembaruan yang akan terjadi.

3. Kompleksitas (Complexity)

Kompleksitas (complexity) adalah taraf kesulitan suatu pembaruan untuk dipahami dan digunakan oleh pengguna. Suatu ide atau cara pembaruan yang kompleks dan sulit biasanya cenderung lebih lambat untuk diadopsi oleh pengguna daripada yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

4. Kemudahan Untuk Mencoba (Trialability)

Kemudahan untuk mencoba (trialability) adalah taraf sejauh mana suatu pembaruan dapat diuji cobakan dengan basis yang terbatas. Ide-ide baru yang dapat dicoba kan secara bertahap akan lebih mudah diadopsi dari pada pembaruan yang tak dapat diuji coba secara bertahap.

5. Kemudahan Untuk Diamati (Observability)

Kemudahan untuk diamati (observability) adalah taraf sejauh mana suatu pembaruan dapat dilihat hasilnya oleh pengguna. Semakin mudah pengguna melihat hasil dari sesuatu pembaruan, semakin mudah baginya untuk mengadopsi produk atau program tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍