• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pasiva Lancar

Utang atau kewajiban lain yang harus diselesaikan dalam waktu tidak melebihi jangka waktu satu tahun (current liabilities).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pasiva Lancar?

Pasiva lancar adalah hutang-hutang yang harus diselesaikan dalam satu periode akuntansi atau satu tahun. Pasiva lancar ini dilunasi atau dibayar dari aktiva lancar (kas, piutang). Pasiva lancar merupakan tunjangan yang sering dilakukan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan yang berlaku karena ketentuan bisnis atau yang mendadak dan memungkinkan tidak adanya kerugian yang dialami, baik perusahaan dalam keadaan stabil atau kekurangan mod.

Jenis-jenis Pasiva Lancar

  1. Hutang Dagang – Hutang yang timbul karena aktivitas utama sebuah perusahaan, seperti pembelian secara kredit. Hutang ini kemudian dicatat saat hak beralih kepada pembeli.
  2. Hutang Wesel – Janji tertulis untuk membayar sejumlah uang pada tanggal yang sudah ditentukan. Hutang bisa berbentuk pembelian persediaan, aset, pinjaman, dan sebagainya.
  3. Hutang Jangka Panjang Jatuh Tempo – Jika ada hutang jangka panjang yang akan jatuh tempo, biasanya bersisa 6 bulan atau 12 bulan lagi, maka hutang ini harus dipindahkan ke hutang jangka panjang jatuh tempo.
  4. Hutang Dividen – Hutang imbal hasil dari modal pemegang saham. Persyaratannya hanya untuk dividen tunai dan dicatat saat pengumuman dividen setelah RUPS.
  5. Pendapatan Diterima Dimuka – Pendapatan yang sudah diterima, namun jasanya belum diberikan. Contohnya seperti perusahaan jasa iklan, hotel, biro perjalanan, dan sebagainya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Aktiva Lancar

“Aktiva dalam bentuk uang tunai atau barang berharga lain yang sewaktu-waktu dengan mudah dapat dijadikan uang tunai dalam bahasa inggris dikenal current asset.”

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Kas

Uang kartal yang tersedia bagi suatu usaha terdiri atas uang kertas bank dan uang logam, yang merupakan alat pembayaran yang sah; dalam perusahaan bukan bank, cek, wesel, dan surat berharga lain yang dapat segera dijadikan uang diperhitungkan juga sebagai kas (cash).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo