• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pasar Uang

Pasar instrumen jangka pendek sertifikat deposito yang dapat dipindahtangankan, misalnya sertifikat deposito Eurodolar, surat berharga komersial (commercial paper), dan treasury bills kesamaan di antara instrumen tersebut adalah bersifat likuid dan aman; pasar uang ini dioperasikan oleh para dealer (money market).

Otoritas Jasa Keuangan

Pasar uang (bahasa Inggris: money market) merupakan pertemuan dalam suatu pasar yang abstrak untuk memperoleh demand dan supply dana jangka pendek. Dalam pasar uang, valuta asing diperlukan untuk membayar kegiatan ekspor impor dan utang luar negeri.

Wikipedia

Ciri-ciri Pasar Uang

  1. Menekankan pemenuhan dana jangka pendek.
  2. Mekanisme pasar uang ditekankan untuk mempertemukan pihak yang mempunyai kelebihan dana dan yang membutuhkan dana.
  3. Tidak terikat pada tempat tertentu seperti Pasar Modal.

Tujuan Pasar Uang

Dari pihak yang membutuhkan dana atau modal:

1. Memenuhi kebutuhan jangka pendek, seperti menyelesaikan kewajiban membayar utang jangka pendek yang segera akan jatuh tempo.

2. Memenuhi kebutuhan likuiditas yang disebabkan karena terjadinya kekurangan uang kas atau uang tunai.

3. Memenuhi kebutuhan modal kerja seperti biaya-biaya operasi, upah karyawan, pembelian bahan baku.

4. Sedang mengalami kalah kliring.

Dari pihak yang menanamkan dana atau modal:

1. Memperoleh keuntungan dengan tingkat suku bunga tertentu.

2. Membantu pihak-pihak yang mengalami kesulitan keuangan.

3. Spekulasi dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dalam waktu relatif singkat pada keadaan ekonomi tertentu.

Transaksi di Pasar Uang

  • Pasar Uang antar Bank, transaksi untuk menyerahkan sejumlah kelebihan dana dari suatu bank kepada bank yang lain, dimana bank yang menerima dana sedang kalah kliring.
  • Sertifikat Bank Indonesia (SBI), sejenis surat berharga yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia selaku Bank Sentral dan ditujukan untuk dibeli oleh Bank Umum dengan nilai nominal yang sangat besar. Tujuan dikeluarkannya SBI adalah untuk mengurangi peredaran uang dalam masyarakat.
  • Surat Berharga Pasar Uang (SPBU), surat berharga yang dikeluarkan oleh Bank Umum dan dibeli oleh Bank Indonesia dengan nilai nominal yang cukup besar. Tujuannya untuk meningkatkan likuiditas Bank Umum dan menekan laju inflasi.
  • Sertifikat Deposito, surat berharga yang dikeluarkan oleh Bank dalam nilai nominal tertentu sebagai surat atas unjuk.
  • Pasar Valuta Asing, tempat seseorang dapat membeli atau menjual mata uang asing.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pasar Modal

Pasar yang merupakan sarana bagi perusahaan dan pemerintah untuk memperoleh dana jangka panjang dengan cara menjual saham atau obligasi (capital market).

Selengkapnya

Pasar

1. tempat umum untuk menjual dan membeli barang; 2. bertemunya penjual dan pembeli barang atau jasa, tidak selalu harus ada tempat secara fisik, misalnya pasar uang (market).

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo