• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pasar Uang Ketat

Kondisi pasar uang yang ditandai oleh tingkat penawaran uang lebih rendah daripada permintaan yang cenderung mengakibatkan naiknya tingkat suku bunga (tight money market).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pasar Uang Ketat?

Pasar uang ketat adalah sebuah situasi dimana persediaan uang terbatas karena kebijakan moneter menurunkan jumlah uang yang beredar dan mengurangi jumlah uang yang harus dipinjamkan bank, sehingga menghasilkan tingkat bunga yang tinggi. Kebijakan ini dilakukan pada saat perekonomian suatu negara sedang mengalami inflasi.

Pemerintah biasanya menjual surat-surat berharga kepada masyarakat untuk melakukan kebijakan uang ketat agar inflasi turun. Ketika masyarakat membeli surat-surat berharga dari pemerintah melalui operasi pasar terbuka, maka jumlah uang yang beredar akan berkurang dan diikuti dengan turunnya inflasi.

Efek Pasar Uang Ketat

Ketika uang yang beredar terbatas, bisnis akan sulit untuk mendapat pinjaman dan rumah tangga mungkin akan kesulitan dalam mendapatkan KPR. Uang ketat umumnya memiliki efek negatif pada harga sekuritas, dibandingkan dengan kondisi uang mudah.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Sentral

"bank n"

Selengkapnya

Kebijakan Moneter

“Peraturan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh otoritas moneter untuk mengontrol uang beredar, inflasi, dan untuk memelihara stabilitas ekonomi suatu negara; hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti perubahan suku bunga, operasi pasar terbuka serta rasio amandemen cadangan aset dan simpanan tertentu (monetary policy).”

Selengkapnya

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo