Pasar Spot

Definisi Pasar Spot

Pasar barang atau valas yang pembelian atau penjualannya dilakukan dengan transaksi spot (spot market).

Otoritas Jasa Keuangan

Pasar spot (spot market) adalah pasar untuk pembelian atau penjualan instrumen keuangan, komoditas, atau aset lain dengan pembayaran tunai dan langsung, sebagai lawan dari pasar untuk pengiriman masa depan (futures atau forwards). Juga disebut pasar tunai.

Kamus Bisnis

Apa Itu Pasar Spot?

Pasar spot adalah tempat perdagangan untuk instrumen keuangan seperti komoditas, mata uang, dan sekuritas yang dilakukan lewat transaksi langsung di tempat. Dalam pasar spot, penyelesaian transaksi biasanya selesai pada t+2 hari kerja. Pengiriman uang tunai dan komoditas harus selesai dalam jangka waktu tersebut. Pasar spot seringkali disebut juga sebagai “pasar fisik” atau “pasar tunai” karena perdagangan langsung ditukar dengan aset. Pasar spot dapat beroperasi di manapun ada infrastruktur untuk melakukan transaksi.

Perdagangan berjangka dalam kontrak yang akan berakhir juga terkadang disebut sebagai perdagangan spot, karena kontrak berakhir berarti pembeli dan penjual akan menukar uang tunai dengan aset.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Dimana Spot Market Terjadi?

Transaksi spot market biasanya terjadi lewat bursa atau over the counter. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Bursa – Dalam bursa, dealer dan penjual berkumpul untuk membeli dan menjual instrumen keuangan. Sekuritas dan komoditas yang diperdagangkan di bursa menggunakan, membuat, dan bisa juga mengubah harga pasar.
  • Over the Counter – Perdagangan yang terjadi langsung antara pembeli dan penjual yang didasarkan pada kontrak yang dibuat antara dua pihak dan tidak mengikuti aturan bursa. Ketentuan kontraknya disepakati antara dua belah pihak. Pasar valuta asing adalah contoh over the counter terbesar di dunia.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍