Pasar Penjual

Definisi Pasar Penjual

"Pasar yang ditandai oleh permintaan yang secara nisbi melebihi penawaran karena terdapat kelangkaan barang di pasar sehingga harga barang cenderung meningkat; dalam kondisi ini pasar dikuasai oleh penjual sehingga pada tingkat berapapun harga yang ditawarkan oleh penjual, barang akan tetap dibeli oleh pembeli; misalnya, apabila terjadi kelangkaan sembilan bahan pokok (sembako), harga yang tercipta di pasar merupakan patokan harga yang ditetapkan sendiri oleh penjual (sellers market)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pasar Penjual?

Pasar penjual adalah kondisi pasar dimana terjadinya kekurangan barang yang tersedia untuk dijual. Istilah ini sering digunakan dalam pasar properti ketika persediaan barang rendah dan permintaan tinggi. Dalam kondisi pasar penjual, pembeli justru harus bertindak lebih cepat, karena jika mereka tertarik terhadap suatu barang mungkin akan dibeli orang lain jika terlalu lama berpikir. Kondisi ini menguntungkan untuk penjual, kebalikan dari pasar pembeli dimana pembeli mendapat keuntungan dalam negosiasi harga.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Faktor yang Mempengaruhi Kondisi Pasar

Beberapa faktor dapat mempengaruhi apakah pasar akan menguntungkan penjual atau pembeli. Berikut hal-hal yang dapat mendorong kondisi pasar:

  • Pertumbuhan investasi
  • Lapangan kerja
  • Suku bunga
  • Konstruksi baru
  • Perubahan legislatif

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍