• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pasar Pembeli

pasar yang ditandai oleh penawaran yang secara nisbi melebihi permintaan sehingga harga cenderung menurun dan menguntungkan pembeli (buyer’s market).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pasar Pembeli?

Pasar pembeli adalah saat persediaan lebih banyak dari permintaan, hal ini memberikan keuntungan bagi pembeli dalam negosiasi harga. Walaupun istilah ini lebih sering digunakan dalam kondisi pasar properti, tetapi semua jenis pasar yang memiliki kondisi dimana penawaran melebihi permintaan bisa menggunakan istilah ini. Kebalikan dari pasar pembeli adalah pasar penjual, dimana permintaan melebihi penawaran.

Karakteristik Pasar Pembeli

Pasar pembeli dapat dicirikan dari harga yang lebih rendah dan akibatnya barang berada di dalam pasar untuk waktu yang cukup lama. Persaingan di pasar pembeli terjadi di antara penjual dalam menarik pembeli untuk melakukan penawaran.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pasar

1. tempat umum untuk menjual dan membeli barang; 2. bertemunya penjual dan pembeli barang atau jasa, tidak selalu harus ada tempat secara fisik, misalnya pasar uang (market).

Selengkapnya

Harga

“Nilai barang yang ditentukan atau dirupakan dengan uang: mobil ini sangat mahal --nya;jumlah uang atau alat tukar lain yang senilai, yang harus dibayarkan untuk produk atau jasa, pada waktu tertentu dan di pasar tertentu.”

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo