• Produk
  • Promo
  • Artikel

Pasar Keuangan

“Pasar keuangan adalah mekanisme pasar yang memungkinkan bagi seorang atau korporasi untuk dengan mudah dapat melakukan transaksi penjualan dan pembelian dalam bentuk sekuritas keuangan (seperti saham dan obligasi), Dalam sekuritas komoditas dimungkinkan dapat melakukan pembelian dan penjualan awal atas produk-produk sumber alam seperti produk pertanian dan Pertambangan dan lain sebagainya.”

Wikipedia

“Pasar uang atau money market yakni keseluruhan penawaran dan permintaan dalam bentuk jangka pendek yakni pada satu tahun atau bahkan kurang dari satu tahun. Dalam hal ini contohnya bank karena bank memiliki jangka yang pendek dan biasanya bank, pasar uang juga sering disebut pasar kredit karena adanya penentuan waktu dalam jangka pendek.”

Kompasiana

Ciri-Ciri Pasar Keuangan

Pasar keuangan tidaklah serupa dengan pasar modal. Adapun karakteristik pasar keuangan adalah sebagai berikut:

1. Pemenuhan dana jangka pendek.

2. Mekanisme pasar uang ditekankan untuk mempertemukan pihak yang mempunyai kelebihan dana dan yang membutuhkan dana.

3. Tidak terikat pada tempat tertentu seperti Pasar Modal.

4. Pelaku Pasar Uang:

Manfaat Pasar Keuangan

Manfaat dan fungsi dari pasar uang adalah untuk mempertemukan para peminjam dana dengan pihak yang meminjam atau membutuhkan dana. Apabila perusahaan mengalami kelebihan dana yang tidak digunakan dalam jangka waktu pendek, maka mereka meminjamkan dana tersebut melalui pinjaman jangka pendek yang disebut pasar uang. Beberapa fungsi dan manfaat adanya pasar uang adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai fasilitator dan mediator perdagangan surat-surat berharga jangka pendek.
  2. Sebagai sumber dana untuk modal kerja bagi perusahaan yang membutuhkan tambahan modal untuk ekspansi.
  3. Sebagai fasilitator dan mediator kegiatan investasi dari luar negeri kepada usaha lokal dalam bentuk kredit berjangka pendek atau short-term.
  4. Sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin membeli Surat Berharga Pasar Uang dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Instrumen Pasar Keuangan

Fasilitas yang berupa surat jual-beli pasar keuangan digunakan untuk transaksi antar pemberi dan peminjam. Beberapa instrumen pasar keuangan adalah sebagai berikut:

  1. SBI
  2. SBPU
  3. Sertifikat Deposito
  4. Interbank call money.
  5. Commercial paper
  6. Treasury bills

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo