• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Pasar Berjangka

pasar tempat jual beli komoditas, mata uang asing, dan surat berharga yang penyerahannya dilakukan pada waktu mendatang; pasar devisa berjangka; pasar tunai (forward market; future market).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Pasar Berjangka?

Pasar berjangka atau yang disebut juga sebagai futures market, yaitu dimana transaksi kontrak futures berlangsung. Pada pasar berjangka, barang-barang yang diperjualbelikan pada umumnya adalah komoditas. Mekanismenya dilakukan dengan pembelian kontrak yang sudah terstandarisasi berdasarkan bursa berjangka. Terjadinya kesepakatan antara pembeli dan penjual akan diikat melalui kontrak meskipun mereka saling tidak tahu siapa lawan transaksinya.

Siapa yang bisa Bertransaksi di Pasar Berjangka?

Indonesia memiliki BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) sebagai badan yang menetapkan regulasi untuk pasar perdagangan berjangka. Semua orang yang telah melakukan pendaftaran lewat pialang atau broker yang menjadi penengah yang ditunjuk oleh bursa bisa bertransaksi di bursa berjangka.

Fungsi-fungsi Pasar Berjangka

Pada pasar berjangka terdapat berbagai macam fungsi, seperti:

  1. Transaksi Margin – Semua transaksi yang terjadi dalam pasar berjangka adalah transaksi margin, kontrak yang dibeli memiliki harga yang bervariasi dan umumnya berkisar antara 1/10 dari nilai penjualan yang sebenarnya.
  2. Standarisasi Kontrak – Seluruh kontrak yang diperjualbelikan lewat pasar berjangka memiliki jumlah nilai yang sudah ditentukan yaitu dengan sistem lot.
  3. Hedging – Pembeli kontrak dapat melakukan pembelian dua buah kontrak yang berlawanan arah dan menutup kapan saja sebelum kontrak jatuh tempo.
  4. Short-selling – Dikenal juga dengan istilah jual kosong, short-selling merupakan kemampuan untuk melakukan transaksi jual lebih dulu sambil menunggu harga turun dan membelinya kemudian.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kliring

"Perhitungan utang piutang antara para peserta kliring secara terpusat di satu tempat dengan cara saling menyerahkan surat-surat berharga dan surat-surat dagang yang telah ditetapkan untuk dapat diperhitungkan (clearing)."

Selengkapnya

Bursa

"Tempat untuk memperjualbelikan sekuritas, valuta asing, atau barang yang dilakukan secara teratur (bourse)."

Selengkapnya

Pasar

1. tempat umum untuk menjual dan membeli barang; 2. bertemunya penjual dan pembeli barang atau jasa, tidak selalu harus ada tempat secara fisik, misalnya pasar uang (market).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo