Pareto Theory

Definisi Pareto Theory

Pareto Theory merupakan sebuah prinsip yang percaya bahwa 80% hasil kinerja seseorang atau suatu kelompok merupakan buah dari 20% upaya yang telah dilakukan. Dalam konteks bisnis, prinsip pareto 80/20 diterapkan sebagai berikut, 80% keluhan pelanggan berasal dari 20% ketidakberesan produk atau jasa. Atau 80% keuntungan disebabkan oleh 20% keberhasilan produk atau jasa dan seterusnya.

pluang.com/id;keeppack.id

Kegunaan Pareto Theory dalam Bisnis

Berikut adalah kegunaan prinsip pareto dalam bisnis yang perlu kamu ketahui:

1. Membantu meningkatkan produktivitas bisnis

Jika perusahaan fokus untuk memaksimalkan 20% dari keseluruhan aktivitas bisnis, maka perusahaan dapat melakukan efisiensi terhadap hal-hal yang tidak perlu. Dengan menitikberatkan fokus pada hal yang lebih penting, maka pekerjaan yang dilakukan akan lebih maksimal.

2. Memperkuat engagement dengan customer

Dalam strategi pemasaran dalam bentuk newsletter, suatu perusahaan harus memahami bahwa kebanyakan customer hanya membaca 20% dari isi pesan. Dengan memahami prinsip ini, perusahaan dapat fokus pada engagement dan long term customer dibanding costumer dalam jumlah besar namun tidak mendatangkan keuntungan yang lebih banyak bagi perusahaan.

3. Sebagai alat identifikasi masalah

Pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip pareto biasanya dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Penerapannya adalah dengan cara menelusuri masalah yang ada dalam perusahaan secara menyeluruh lalu mengidentifikasi 20% dari semua masalah yang sebaiknya diselesaikan lebih dulu.

4. Untuk pengembangan layanan pelanggan

Dalam hal ini, prinsip pareto menunjukan bahwa 80% keluhan pelanggan yang diterima berasal dari 20% produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Dengan menerapkan prinsip ini, perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan dengan memperbaiki 20% produk yang paling sering memicu keluhan pelanggan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍