Paklaring

Definisi Paklaring

Apa itu Paklaring?

Dokumen berupa surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi tertentu dalam jangka waktu tertentu. Surat paklaring dikeluarkan dan diterbitkan oleh tempat kerja atau perusahaan yang ditinggalkan sebelum akhirnya bekerja di perusahaan baru. 

Pembuatan surat paklaring tidak terbatas oleh perusahaan, tetapi lembaga kecil juga memiliki hak untuk menerbitkan paklaring. 

Surat paklaring umumnya digunakan sebagai syarat lampiran berkas atau dokumen ketika mendaftar atau melamar pekerjaan di perusahaan baru sebagai bukti kinerja seseorang saat bekerja di sebuah perusahaan.

Melalui surat paklaring pula perusahaan baru tempat karyawan melamar dapat menilai kualitas dan kapasitas seseorang. Kapasitas dapat terlihat dari prestasi dan juga kontribusi yang pernah diraih calon karyawan berdasarkan penjelasan di surat tersebut.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Fungsi Surat Paklaring?

Selain sebagai surat keterangan kinerja seseorang, surat paklaring juga dapat digunakan untuk hal yang lain yang juga sama pentingnya. 

  • Membuat BPJS Ketenagakerjaan dan pencairan dana JHT atau Jaminan Hari Tua.
  • Melamar pekerjaan selanjutnya.
  • Mendapatkan Beasiswa melalui jalur profesional.
  • Mengajukan pinjaman dana ke Bank, pengajuan KTA, KKB, KPR, dan juga Kartu Kredit.

Syarat Membuat Paklaring?

  • Mengundurkan diri dengan baik-baik: surat paklaring juga dapat digunakan sebagai surat referensi atau rekomendasi dari perusahaan sebelumnya.
  • Lama kerja minimal 1 tahun: Jika di bawah waktu tersebut karyawan dianggap kurang memiliki kinerja yang baik di perusahaan sebelumnya.
  • Telah memenuhi semua kewajiban kerja.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍