Orientasi

Definisi Orientasi

Pengenalan kepada pegawai baru mengenai seluk beluk dan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang harus dikerjakannya serta gambaran secara garis besar mengenai tugas dari bidang usaha dari kantor tempat pegawai baru yang bersangkutan bekerja (orientation).

Otoritas Jasa Keuangan

"/ori·en·ta·si/" "n: peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar." "n: pandangan yang mendasari pikiran, perhatian atau kecenderungan."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa Itu Orientasi?

Orientasi adalah proses menyediakan informasi-informasi mengenai perusahaan yang perlu diketahui oleh karyawan baru. Informasi yang disampaikan berupa latar belakang perusahaan hingga peraturan. Orientasi dilakukan untuk menumbuhkan hubungan antara karyawan baru dan perusahaan. Sederhananya, orientasi adalah suatu proses atau upaya seseorang dalam menangkap atau mengerti keadaan di sekitarnya.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Tujuan Orientasi

  1. Karyawan dapat beradaptasi dan berinteraksi dengan kondisi lingkungan baru yang dimasuki.
  2. Karyawan dapat memahami organisasi dan budaya perusahaan, seperti visi dan misi, nilai inti, hingga kegiatan operasional perusahaan.
  3. Sebagai bekal untuk karyawan sebelum bertugas di tempat kerja.
  4. Membuat karyawan merasa diterima dan menjadi bagian dalam tim dan perusahaan.
  5. Menghindari terjadinya permasalahan yang mungkin terjadi saat karyawan baru menerima tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaannya.

Manfaat Orientasi

Orientasi pun punya banyak manfaat dalam proses penjajakan. Manfaat tersebut adalah antara lain:

  1. Lebih kompeten dalam bekerja
    Orientasi adalah bagian dari perkenalan yang ditujukan untuk membuat karyawan menjadi lebih berkompeten. Tentu hal ini menjadi wajin dilakukan oleh perusahaan saat merekrut karyawan. Apalagi jika pelatihan bisa dilakukan dengan waktu yang ditentukan. Maka kualitas kerja dari karyawan baru akan lebih cepat sesuai dengan standar perusahaan.

  2. Mengenal cara bekerja
    Mengenal cara bekerja di perusahaan baru bisa dilakukan dan didapat saat orientasi. Hal ini berkaitan erat dengan pekerjaan dan cara kerja di tempat lama yang pasti berbeda dengan perusahaan baru. Misalnya saja seperti peralatan dan teknologi yang digunakan. Pelatihan untuk pengoperasian teknologi atau mesin yang akan digunakan oleh karyawan baru menjadi penting dilakukan.

  3. Lebih percaya diri dan optimis
    Manfaat dari orientasi untuk karyawan baru juga bisa membuatnya lebih percaya diri dan optimis. Tentu saja ini adalah dampak positif yang baik untuk kinerjanya nanti. Semakin karyawan baru percaya diri, maka semakin baik mudah juga untuk meningkatkan kualifikasi pekerjaannya.

    Selain percaya diri, rasa optimisme karyawan baru sudah pasti akan menghampiri. Kualifikasi bisa semakin ditingkatkan dan kinerjanya menjadi semakin menjanjikan. Trik ini juga bisa membantu mengurangi kesenjangan antar karyawan baru dan karyawan lama.

Jenis-jenis Orientasi

Banyak sekali jenis Orientasi yang ada saat ini diantaranya adalah:

  • Orientasi personal (Orientasi perorangan)
    Orientasi personal adalah kemampuan individu untuk mengemukakan identitas diri sendiri dan orang lain di sekitarnya
  • Orientasi temporal (orientasi waktu)
    Orientasi temporal adalah kemampuan individu untuk mengetahui hubungan masa, waktu, hari, tanggal, bulan, musim atau tahun, baik sekarang, masa lampau ataupun yang akan datang. 
  • Orientasi spasial (orientasi tempat)
    Orientasi spasial adalah kemampuan individu untuk mengetahui batasan ruang atau lokasi yang ditempati serta hubungannya dengan ruang atau lokasi lain.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍