• Produk
  • Promo
  • Artikel

Orderbook

Apa itu Order Book?

Order book mengacu pada daftar elektronik pesanan beli dan jual untuk instrumen sekuritas atau keuangan tertentu yang diatur oleh tingkat harga. Order book mencantumkan jumlah saham yang ditawarkan pada setiap titik harga, atau kedalaman pasar. Ini juga mengidentifikasi pelaku pasar di balik pesanan beli dan jual, meskipun beberapa memilih untuk tetap anonim. Daftar ini membantu pedagang dan juga meningkatkan transparansi pasar karena mereka memberikan informasi perdagangan yang berharga.

Order book digunakan oleh hampir setiap pertukaran untuk mendaftar pesanan untuk berbagai aset seperti saham, obligasi, dan mata uang — bahkan cryptocurrency seperti Bitcoin. Pesanan ini bisa manual atau elektronik. Meskipun mereka umumnya berisi informasi yang sama, pengaturannya mungkin sedikit berbeda tergantung pada sumbernya. Informasi beli dan jual dapat muncul di bagian atas dan bawah, atau di sisi kiri dan kanan layar.

Order book bersifat dinamis, artinya selalu diperbarui secara real-time sepanjang hari. Pertukaran seperti Nasdaq menyebutnya sebagai "buku berkelanjutan." Pesanan yang menentukan eksekusi hanya pada pembukaan pasar atau penutupan pasar dipertahankan secara terpisah. Ini dikenal sebagai "opening (order)book" dan "closing (order) book".

Fungsi Order Book

Order book membantu pedagang membuat keputusan yang lebih tepat. Mereka dapat melihat broker mana yang membeli atau menjual saham dan menentukan apakah aksi pasar didorong oleh investor ritel atau oleh institusi. Order book juga menunjukkan ketidakseimbangan pesanan yang dapat memberikan petunjuk arah saham dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Sebagai contoh, ketidakseimbangan masif dari pesanan beli versus pesanan jual mungkin mengindikasikan pergerakan yang lebih tinggi dalam stok karena tekanan beli. Trader juga dapat menggunakan order book untuk membantu menentukan potensi level support dan resistance dari sebuah saham. Sekelompok pesanan pembelian besar dengan harga tertentu dapat menunjukkan tingkat dukungan, sementara banyak pesanan jual pada atau dekat satu harga dapat menunjukkan area resistensi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Sekuritas

/se·ku·ri·tas/

Selengkapnya

Opsi Jual

Pemegang opsi yang mempunyai hak untuk menjual, tetapi bukan merupakan suatu kewajiban untuk menjual sebelum waktu tertentu dengan harga tertentu (put option).

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo