Opsi

Definisi Opsi

kebebasan bagi seseorang atau suatu pihak untuk melakukan pilihan yang menjadi hak dari orang atau pihak yang bersangkutan untuk memiliki, membeli, menjual, atau menyewa barang atau jasa berdasarkan persyaratan tertentu (option).

Otoritas Jasa Keuangan

/op·si/ n 1 tindakan memilih; 2 kekuasaan atau hak memilih; kebebasan memilih; 3 pilihan dari sejumlah alternatif.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa Itu Opsi?

Dalam saham, opsi merupakan kontrak di antara kedua belah pihak, yang berisikan hak bagi pembeli opsi dalam membeli atau menjual aset yang didasari oleh kontrak tersebut (underlying asset). Kontrak ini dilakukan pada waktu dan harga yang telah disepakati bersama di awal. Akan tetapi, dikarenakan opsi adalah hak, maka tentu saja boleh dieksekusi (dijalankan) maupun tidak. Oleh sebab itu opsi bukanlah sebuah keharusan untuk dieksekusi. Opsi tersebut dapat dijalankan jika pemegang opsi mendapatkan keuntungan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Jenis-jenis Opsi

Dalam konteks saham, terdapat dua jenis opsi, yakni opsi jual dan opsi beli. 

Opsi Jual

Opsi jual atau put option adalah hak untuk menjual saham (atau aset lainnya) pada harga kesepakatan (strike price) dalam jangka waktu yang telah disepakati. Ada dua jenis opsi jual yaitu, membeli Opsi Jual atau Put Option Buyer atau Long Put dan menjual Opsi Jual atau Put Option Seller atau Short Put.

Opsi Beli

Opsi beli atau call option adalah hak untuk membeli saham (atau aset lainnya) pada harga kesepakatan (strike price) dalam jangka waktu yang telah disepakati. Ada dua jenis opsi beli yaitu membeli Opsi Beli atau Call Option Buyer atau Long Call dan menjual Opsi Beli atau Call Option Seller atau Short Call. 

Faktor yang Mempengaruhi Harga Opsi

Ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi harga sebuah opsi, antara lain:

  1. Jumlah Permintaan dan Pasokan Supply, makin banyak investor yang berminat untuk membeli, makin mahal pula harganya.
  2. Harga Saham Acuan atau underlying stock yang mengalami kenaikan. Biasanya harga opsi call juga ikut naik
  3. Gejolak Harga (volatility), apabila harga suatu saham bergejolak, maka preminya akan semakin mahal. Sebaliknya, jika saham stabil, stabil pula harganya. 
  4. Masa berlaku, makin lama masa berlaku, makin tinggi harga opsinya.

Karakteristik Dari Kontrak Opsi

Kontrak opsi memiliki beberapa karakteristik atau fitur seperti di bawah ini.

  • Jenis kontraknya, yakni terdiri dari put option dan call option.
  • Harga opsi
  • Premi opsi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti suplai dan permintaan pasar, spread harga pasar saat ini dan harga yang disepakati di masa depan, serta nilai waktu dan tingkat volatilitas yang didasari efek harga.
  • Aset dasar, yaitu seperti ETF, komoditas, saham, atau mata uang.
  • Tanggal kadaluarsa atau jatuh tempo kontrak. Hal ini tergantung dari jenis opsi dan aset yang mendasarinya. 
  • Item underlying. Jumlah item yang telah menjadi underlying umumnya berkaitan erat dengan aset yang mendasari. Biasanya untuk opsi saham, per kontrak terdiri dari 100 saham.

Tipe Opsi

Setidaknya terdapat 4 tipe atau gaya opsi yang perlu kamu ketahui:

  • Opsi Tipe Amerika. Adalah kontrak opsi yang dilakukan kapan saja selama masa berlaku kontrak opsi tersebut masih ada.
  • Opsi Tipe Eropa. Merupakan kontrak opsi yang baru bisa dilakukan di hari terakhir pada saat tanggal jatuh tempo yang berlaku tiba.
  • Opsi Tipe Bermuda. Opsi ini merupakan gabungan dari tipe Eropa dan tipe Amerika, yakni opsi dapat dilaksanakan baik pada hari terakhir saat tanggal jatuh tempo maupun sebelum waktu jatuh tempo datang.
  • Opsi Bersyarat (Barrier Option). Opsi tipe ini hanya dapat dilakukan setelah syarat telah dipenuhi, yakni tercapainya suatu harga tertentu pada aset acuan.

Keuntungan dan Kelemahan Opsi

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki opsi:

Keuntungan Opsi

  • Alat yang berguna untuk lindung nilai. Pada saat kondisi pasar yang buruk, investor atau perusahaan besar memanfaatkan kontrak opsi untuk mengimbangi keadaan tersebut sebagai bentuk mitigasi risiko.
  • Memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan membeli put option jika harga diekspektasi akan turun di masa mendatang atau dengan membeli call option saat mengharapkan adanya kenaikan harga.
  • Membutuhkan biaya yang relatif kecil.

Kelemahan Opsi

  • Opsi memiliki struktur yang rumit dan kompleks
  • Memiliki potensi kerugian dan risiko yang juga cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh nilai waktu opsi yang akan terus menurun karena jangka waktu yang terbatas, sehingga bisa membuat harga yang keluar tidak sesuai dengan prediksi dan ekspektasi.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍