• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Opsi Jual

Pemegang opsi yang mempunyai hak untuk menjual, tetapi bukan merupakan suatu kewajiban untuk menjual sebelum waktu tertentu dengan harga tertentu (put option).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Opsi Jual?

Dalam perdagangan saham ada yang dikenal dengan opsi, yang berarti hak untuk menjual, tetapi bukan merupakan suatu kewajiban untuk menjual sebelum waktu tertentu dengan harga tertentu (put option). Opsi Jual merupakan salah satu jenis opsi yang ada. 

Pada opsi jual ini juga terdapat 2 pihak yang disebut pembeli opsi jual atau biasa disebut put option buyer atau juga long put, dan penjual opsi jual atau biasa juga disebut put option seller atau juga short put.

Secara singkat, opsi jual merupakan opsi kepada pembeli hak untuk menjual. Opsi ini memberikan pilihan kepada penjual pada harga strike, sehingga pembeli menginginkan harga saham turun. 

Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Opsi Jual?

Sebelum mulai untuk menjual opsi, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan, salah satunya dengan melakukan trading simulation. Hindari godaan untuk mempertaruhkan uang yang Anda dapat dengan susah payah pada teknik yang baru saja Anda pelajari. Sebaliknya, pilihlah perdagangan latihan atau simulasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko perdagangan opsi yang sesungguhnya dan kerugian besar. 

Selanjutnya, gunakan limit pesanan atau limit order. Hindari membayar harga pasar untuk opsi karena harga eksekusi mungkin lebih tinggi daripada yang diharapkan. Sebagai gantinya, tentukan harga Anda dengan limit pesanan dan maksimalkan laba Anda.

Terakhir, jangan lupa untuk evaluasi kembali strategi Anda secara berkala. Tentukan apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan laba. Belajarlah dari kesalahan sambil mengulangi strategi yang sukses. Dan tetap fokus strategi Anda; pedagang fokus pada beberapa posisi, daripada melakukan diversifikasi. Paling tidak, Anda harus memiliki tidak lebih dari 10 persen portofolio investasi Anda dalam opsi.

Selain itu, terus pantau kondisi keuangan pribadi Anda, jangan pernah memasukkan lebih dari 10% tabungan Anda ke dalam perdagangan opsi. Perdagangan opsi biasanya memiliki risiko yang cukup tinggi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Sekuritas

/se·ku·ri·tas/

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo