• Produk
  • Promo
  • Artikel

Operasi Pasar Terbuka

“Operasi Pasar Terbuka (OPT) adalah kegiatan transaksi di pasar uang dalam rangka Operasi Moneter yang dilakukan oleh Bank Indonesia dengan Peserta Operasi Moneter. Operasi Pasar Terbuka dilakukan untuk mencapai target suku bunga PUAB O/N sebagai sasaran operasional kebijakan moneter.”

Bank Indonesia

Apa itu Operasi Pasar Terbuka?

Operasi pasar terbuka adalah salah satu kebijakan moneter yang diambil bank sentral untuk mengurangi atau menambah jumlah uang beredar. Kebijakan ini dilakukan dengan cara menjual Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau membeli surat berharga di pasar modal.

Tujuan Operasi Pasar Terbuka

Operasi Pasar Terbuka (OPT) dilaksanakan untuk mempengaruhi likuiditas rupiah di pasar uang, yang pada gilirannya akan mempengaruhi tingkat suku bunga. OPT dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui penjualan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan intervensi Rupiah. Tujuan Operasi pasar terbuka bertujuan untuk, sebagai berikut:

  1. Mempengaruhi jumlah uang beredar: baik untuk memperbesar dan memperkecil jumlah uang yang beredar.
  2. Mencapai dan memelihara kestabilan harga atau nilai rupiah: perkembangan kegiatan ekonomi suatu negara akan berjalan dengan mulus ketika kestabilan harga dapat dijaga. Artinya, inflasi juga dijaga tetap rendah.
  3. Mendorong pertumbuhan investasi: jumlah investasi yang terus meningkat akan meningkatkan lapangan kerja yang cukup luas dan secara simultan dapat mengurangi jumlah pengangguran. Sehingga, diharapkan pertumbuhan dan perkembangan perekonomian sesuai dengan yang telah direncanakan.

Jenis Operasi Pasar Terbuka

Operasi Pasar Terbuka terdiri dari 2 jenis yaitu:

  1. OPT Absorpsi
    OPT absorpsi dilakukan apabila dari perkiraan perhitungan likuiditas maupun dari indikator suku bunga di PUAB diperkirakan mengalami kelebihan likuiditas, yang diantaranya diindikasikan melalui penurunan suku bunga PUAB secara tajam.
  2. OPT Injeksi
    OPT injeksi dilakukan apabila dari perkiraan perhitungan likuiditas maupun dari indikator suku bunga di PUAB diperkirakan mengalami kekurangan likuiditas, yang diantaranya diindikasikan melalui peningkatan suku bunga PUAB secara tajam.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kebijakan Moneter

“Peraturan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh otoritas moneter untuk mengontrol uang beredar, inflasi, dan untuk memelihara stabilitas ekonomi suatu negara; hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti perubahan suku bunga, operasi pasar terbuka serta rasio amandemen cadangan aset dan simpanan tertentu (monetary policy).”

Selengkapnya

Bank Indonesia

"Bank sentral Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang berlaku.."

Selengkapnya

Kebijakan Fiskal

"Kebijakan mengenai pajak, penerimaan lain, utang-piutang dan pengeluaran pemerintah dengan tujuan tertentu, seperti menunjang kestabilan ekonomi, keseimbangan moneter, peningkatan pembangunan ekonomi, dan perluasan kesempatan kerja (fiscal policy)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo