Omset

Definisi Omset

Apa itu Omset?

Omset atau perputaran adalah konsep akuntansi yang menghitung seberapa cepat bisnis melakukan operasinya. Paling sering, omset digunakan untuk memahami seberapa cepat perusahaan mengumpulkan uang tunai dari piutang atau seberapa cepat perusahaan menjual inventarisnya.

Dalam industri investasi, omset didefinisikan sebagai persentase portofolio yang terjual pada bulan atau tahun tertentu. Tingkat perputaran cepat menghasilkan lebih banyak komisi untuk perdagangan yang ditempatkan oleh broker.

Dua dari aset terbesar yang dimiliki oleh bisnis adalah piutang dan inventaris. Kedua akun ini membutuhkan investasi tunai yang besar, dan penting untuk mengukur seberapa cepat bisnis mengumpulkan uang tunai.

Rasio perputaran menghitung seberapa cepat bisnis mengumpulkan uang tunai dari piutang dan investasi inventarisnya. Rasio ini digunakan oleh analis fundamental dan investor untuk menentukan apakah suatu perusahaan dianggap sebagai investasi yang baik. Hal ini biasanya terangkum dalam portofolio omset.

Portofolio yang dikelola secara aktif harus memiliki tingkat perputaran yang lebih tinggi, sementara portofolio yang dikelola secara pasif mungkin memiliki perdagangan yang lebih sedikit sepanjang tahun. Portofolio yang dikelola secara aktif akan menghasilkan lebih banyak biaya perdagangan, yang mengurangi tingkat pengembalian portofolio. Reksa dana dengan omzet berlebihan seringkali dianggap berkualitas rendah.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍