• Produk
  • Promo
  • Artikel

Offset

Perbankan: hak sah dari bank untuk menyita dana deposito atas nama seseorang atau perusahaan tertentu guna menutup pinjaman yang telah diberikan bank kepada seseorang atau perusahaan tertentu yang gagal atau tidak dapat mengembalikan pada waktu yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Perakunan: jumlah yang sama untuk mengimbangi jumlah sisi lain di sisi lawan dari buku besar yang sama atau buku besar perkiraan lain (offset).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Offset?

Tidak hanya berperan untuk menyita dana deposito, secara singkat, offset sebenarnya memiliki peran penting untuk mengimbangi serta membukukan sesuatu pos pada suatu rekening atau perkiraan perusahaan yang memperbaiki kembali neracanya, atau yang berlawanan dengan akibat daripada pembukuan sebelum itu.

Fungsi Offset

Kembali kepada konteks, offset memiliki fungsi yang bermacam-macam. Misalnya saja dalam perbankan, offset adalah hak bank atau pemberi pinjaman lain (disebut hak untuk mengimbangi) untuk menyita saldo debitur yang macet (dan / atau penjamin) setiap saldo rekening di bank lain untuk mendapatkan kewenangan penyitaan dari pengadilan.  

Sementara dalam konteks perdagangan saham, offset berguna untuk melikuidasi posisi dengan memasukkan transaksi yang setara tetapi berlawanan pada bulan pengiriman yang sama. Offsetting membatalkan kewajiban membuat (atau mengambil) pengiriman fisik komoditas atau instrumen keuangan yang mendasarinya. Untuk mengimbangi pembelian awal, maka dilakukan penjualan.

Sementara dalam konteks akuntansi, offset memiliki fungsi untuk membatalkan entri akuntansi dengan entri yang sama tetapi berlawanan.

Dalam fungsi akunting, beberapa rekening yang berfungsi sebagai offsetting antara lain adalah pencadangan penghapusan aktiva produktif (dapat dirinci menurut jenis aktiva produktif yang bersangkutan serta menurut kolektibilitas kredit), cadangan penghapusan aktiva tetap, dan penyisihan untuk penurunan nilai surat berharga.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Deposito Berjangka

“Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank (time deposit).”

Selengkapnya

Sekuritas

/se·ku·ri·tas/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo