Obligasi Korporasi

Definisi Obligasi Korporasi

Obligasi Korporasi merupakan obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta nasional, termasuk BUMN dan BUMD. Korporasi sebagai penerbit obligasi akan membayarkan kembali pokok hutang bersama dengan kupon bunganya pada saat jatuh tempo pembayaran dengan suatu tingkat timbal hasil selama jangka waktu obligasi tersebut.

sikapiuangmu.ojk.go.id;dbs.id

Keuntungan Obligasi Korporasi

Berikut adalah keuntungan berinvestasi di obligasi korporasi yang perlu kamu ketahui:

1. Sarana untuk mendapatkan penghasilan tetap atau fixed income

Bunga atau kupon obligasi akan dibayarkan secara rutin hingga masa jatuh temponya berakhir. Pemberian keuntungan ini ditetapkan melalui persentase dari nilai nominal pokok investasi. Pada umumnya, tingkat kupon atau bunga obligasi lebih tinggi dibanding instrumen investasi perbankan lainnya, seperti deposito. Dengan demikian, obligasi banyak menarik minat investor karena memberikan keuntungan yang maksimal dengan risiko rendah.

2. Keuntungan dari penjualan obligasi

Keuntungan lain yang dapat didapatkan investor apabila berinvestasi di obligasi korporasi adalah profit capital gain yang didapat dengan cara menjual obligasi dengan harga yang lebih tinggi daripada saat pembeliannya di masa lampau.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Resiko Investasi Obligasi Korporasi

1. Perusahaan gagal membayar bunga atau pokok obligasi

Salah satu risiko investasi adalah penerbit tidak dapat membayar kuponnya, ataupun mengembalikan nilai pokok obligasinya. Ketidakmampuan tersebut dikenal sebagai default. Meski jarang terjadi namun tetap terdapat beberapa kasus dimana perusahaan tersebut tidak mampu melunasi bunga maupun pokok obligasinya.

2. Fluktuasi harga obligasi ditentukan tingkat suku bunganya

Harga obligasi sangat tergantung pada pergerakan dari tingkat suku bunganya. Jika suku bunga rendah harga obligasi akan meningkat, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya,investor harus jeli memperkirakan nilai suku bunga agar dapat mengambil keputusan terbaik, apakah harus membeli baru atau menjualnya agar memperoleh keuntungan maksimal.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍