• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Nisbah Utang Terhadap Modal Bersih

“nisbah ini digunakan untuk menetapkan proporsi utang terhadap modal bersih yang digunakan dalam kegiatan usaha (ratio of debt to net worth).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nisbah Utang Terhadap Modal Bersih?

Nisbah utang terhadap modal bersih adalah perhitungan sederhana yang dapat membantu mengevaluasi kesehatan keuangan perusahaan dengan membandingkan tingkat utang yang dimiliki dengan total kekayaan bersihnya. 

Dapat disimpulkan bahwa jika bisnis memiliki lebih banyak aset daripada liabilitasnya, kekayaan bersihnya akan positif. Sebaliknya, jika kewajiban bisnis melebihi total asetnya, maka kekayaan bersihnya akan negatif. Nisbah ini sangat berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk menyerap kerugian tanpa mengurangi kemampuannya untuk melayani utang yang ada.

Perhitungan Nisbah Utang Terhadap Modal Bersih

Untuk menghitung nisbah utang terhadap modal bersih dapat digunakan rumus berikut:

Nisbah Utang Terhadap Modal Bersih = Total Utang / Total Modal Bersih X 100

Rasio total uang yang lebih rendah terhadap total modal bersih menunjukkan bahwa sebagian besar bisnis mendapatkan pendapatan dari laba ditahan atau investor. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki keuangan yang sehat dan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan dana di masa depan. Maka dari itu, semakin rendah nilai rasionya, semakin baik.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Analisis Nisbah

“analisis untuk menilai kinerja bank dengan menggunakan rasio keuangan dan rasio lain, antara lain meliputi rasio permodalan, kualitas aktiva produktif, rentabilitas, likuiditas, dan manajemen; sin. analisis nisbah”

Selengkapnya

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Nisbah

“Angka yang menunjukkan perbandingan antara satu nilai dan nilai lainnya secara nisbi, yang bukan perbandingan antara dua pos dalam laporan keuangan dan dapat digunakan untuk menilai kondisi perusahaan; sin. rasio (ratio).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo