• Produk
  • Promo
  • Artikel

Nisbah Perputaran

“nisbah yang menunjukkan tingkat kecepatan konversi piutang menjadi kas atau lamanya perputaran aset menjadi kas (turnover ratio).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nisbah Perputaran?

Nisbah perputaran atau turnover adalah nilai persentase dari reksa dana atau kepemilikan portofolio lain yang telah berganti pada tahun tertentu. Nisbah perputaran bervariasi berdasarkan jenis reksa dana, tujuan investasi, dan / atau gaya investasi manajer portofolio. Nisbah turnover ini digunakan untuk menunjukkan efisiensi atau efektivitas manajemen perusahaan.

Indikator Nilai Turnover

Nilai turnover tidak memiliki nilai intrinsik. Nilai turnover yang besar tidak selalu buruk, dan nilai turnover rendah juga tidak selalu baik. Namun, investor harus selalu waspada dengan konsekuensi dari frekuensi perputaran (turnover). Nilai turnover reksa dana memang seharusnya tidak menjadi satu-satunya dasar keputusan untuk berinvestasi atau melakukan devestasi di dalamnya. Namun, nisbah perputaran dapat bermanfaat untuk melihat bagaimana nisbah turnover dana tertentu jika dibandingkan dengan yang lain.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Analisis Nisbah

“analisis untuk menilai kinerja bank dengan menggunakan rasio keuangan dan rasio lain, antara lain meliputi rasio permodalan, kualitas aktiva produktif, rentabilitas, likuiditas, dan manajemen; sin. analisis nisbah”

Selengkapnya

Reksa Dana

"Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang."

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo