• Produk
  • Promo
  • Artikel

Nisbah Modal Terhadap Risiko Aset

“jumlah modal dibagi rata-rata total aset nilai setiap aset tersebut didasarkan pada bobot risikonya (capital to risk assets ratio).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nisbah Modal Terhadap Risiko Aset?

Nisbah modal terhadap risiko aset digunakan untuk melindungi deposan dan meningkatkan stabilitas dan efisiensi sistem keuangan. Semakin besar nilai nisbah modal terhadap risiko aset yang dimiliki oleh suatu perbankan, maka semakin baik pula kemampuan perbankan dalam tingkat keamanan dan pemenuhan kewajibannya.

Cara Perhitungan Nisbah Modal Terhadap Risiko Aset

Untuk memperoleh nilai nisbah modal terhadap risiko aset, total modal dibagi dengan aset tertimbang menurut risiko (ATMR). Modal yang digunakan untuk menghitung nisbah modal terhadap risiko aset terbagi menjadi dua.

  1. Modal Tingkat Pertama

    Modal tingkat pertama atau modal inti terdiri dari modal ekuitas, modal saham biasa, aset tidak terwujud, dan cadangan pendapatan yang tidak diaudit. Modal tingkat pertama digunakan untuk menyerap kerugian, dan tidak memerlukan bantuan dari bank untuk menghentikan operasi.
  1. Modal Tingkat Kedua

    Modal tingkat kedua terdiri dari laba ditahan yang tidak diaudit, cadangan yang tidak diaudit, dan cadangan kerugian umum. Modal tingkat kedua adalah modal yang menanggung kerugian jika bank ditutup, sehingga akan memberikan tingkat perlindungan yang lebih rendah kepada deposan dan kreditor.

Kedua tingkat modal akan ditambahkan dan dibagi dengan aset tertimbang menurut risiko untuk mendapatkan hasil nisbah modal terhadap risiko aset. Aset tertimbang menurut risiko dapat dihitung dengan melihat jumlah pinjaman bank, mengevaluasi risiko, dan kemudian ditentukan bobotnya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Analisis Nisbah

“analisis untuk menilai kinerja bank dengan menggunakan rasio keuangan dan rasio lain, antara lain meliputi rasio permodalan, kualitas aktiva produktif, rentabilitas, likuiditas, dan manajemen; sin. analisis nisbah”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo