• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Nisbah Laba Bersih Terhadap Modal Bersih

“Nisbah untuk menilai risiko kredit, yaitu kemampuan bisnis (kegiatan usaha) untuk menghasilkan laba dalam satu periode (rate of net profits to net worth).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nisbah Laba Bersih Terhadap Modal Bersih?

Nisbah laba bersih terhadap modal bersih ditentukan dengan membagi laba bersih dengan modal bersih, dan mengalikan hasilnya dengan 100. Nisbah ini menjadi salah satu indikator untuk mengukur seberapa baik sebuah perusahaan dalam menggunakan asetnya untuk menghasilkan laba. Jika nisbahnya menunjukkan bahwa jumlah aset perusahaan tidak mampu untuk mendapatkan laba, maka perusahaan harus mengambil tindakan untuk meningkatkan produktivitas untuk setiap modal yang digunakan. Nisbah ini dapat membantu investor untuk menentukan apakah suatu perusahaan mengelola asetnya secara efektif atau tidak.

Perusahaan yang tidak memperoleh laba secara konsisten terpaksa harus menjual atau mengeluarkan aset yang dimiliki agar dapat melanjutkan operasional perusahaannya. Aset yang dijual tentunya akan mengurangi kekayaan bersih perusahaan. Produksi pendapatan yang menggunakan banyak aset perusahaan menunjukkan perusahaan memiliki strategi manajemen yang buruk, proses manufaktur yang tidak efisien, serta kinerja penjualan yang tidak efektif. Nisbah laba bersih terhadap modal bersih juga dapat digunakan sebagai indikator kemampuan perusahaan untuk berbisnis dalam jangka panjang.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Nisbah

“Angka yang menunjukkan perbandingan antara satu nilai dan nilai lainnya secara nisbi, yang bukan perbandingan antara dua pos dalam laporan keuangan dan dapat digunakan untuk menilai kondisi perusahaan; sin. rasio (ratio).”

Selengkapnya

Laba Bersih

"Laba bersih yang diperoleh dalam tahun buku berjalan setelah dikurangi taksiran utang pajak (net profit)."

Selengkapnya

Analisis Nisbah

“analisis untuk menilai kinerja bank dengan menggunakan rasio keuangan dan rasio lain, antara lain meliputi rasio permodalan, kualitas aktiva produktif, rentabilitas, likuiditas, dan manajemen; sin. analisis nisbah”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo