• Produk
  • Promo
  • Artikel

Nisbah Kas

“rasio kas (cash ratio).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nisbah Kas?

Nisbah kas atau rasio kas adalah nisbah antara kas dan aktiva lain seperti surat berharga dengan kewajiban lancar. Nisbah kas digunakan untuk menganalisis sejauh mana perusahaan dapat menutupi utang lancarnya untuk tahun yang bersangkutan.

Rumus perhitungan rumus kas dapat diperhitungkan sebagai berikut:

Rasio Kas = (Kas + Surat Berharga) / Utang Lancar

Contoh Perhitungan Nisbah Kas

Perusahaan PT ABC memiliki aktiva lancar sebesar Rp10.000.000 yang diantaranya berupa kas sebesar Rp3.000.000, surat berharga sebesar Rp2.000.000. Sementara, utang lancar perusahaan ABC sebesar Rp7.000.000. Maka berapa perhitungan nisbah kas perusahaan PT ABC?

= (Rp3.000.000 + Rp2.000.000) / Rp7.000.000

= Rp5.000.000 / Rp7.000.000

= 0,71

Berdasarkan perhitungan di atas, nisbah kas PT ABC adalah sebesar 0,71 kali

Penilaian Terhadap Nisbah Kas

Dari contoh perhitungan yang sudah dilakukan di atas, diketahui nisbah kas yang didapat adalah 0,71 kali, yang berarti PT ABC memiliki kas dan setara kas untuk membayar 75% dari kewajiban lancarnya. Nisbah kas tersebut bisa dibilang cukup tinggi karena menunjukkan saldo kas yang relatif tinggi sepanjang tahun.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Nisbah

“Angka yang menunjukkan perbandingan antara satu nilai dan nilai lainnya secara nisbi, yang bukan perbandingan antara dua pos dalam laporan keuangan dan dapat digunakan untuk menilai kondisi perusahaan; sin. rasio (ratio).”

Selengkapnya

Aktiva Lancar

“Aktiva dalam bentuk uang tunai atau barang berharga lain yang sewaktu-waktu dengan mudah dapat dijadikan uang tunai dalam bahasa inggris dikenal current asset.”

Selengkapnya

Rasio

"Hubungan taraf atau bilangan antara dua hal yang mirip; perbandingan antara berbagai gejala yang dapat dinyatakan dengan angka; nisbah."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo