• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Nisbah Aktiva Tetap Terhadap Modal Bersih

Nisbah ini digunakan untuk menentukan tingkat investasi dalam aktiva tetap dengan modal yang dimiliki oleh pemilik usaha atau bisnis; dalam ketentuan bidang perbankan nisbah aktiva tetap terhadap modal bersih tidak boleh melebihi 50% (ratio of fixed assets to net worth).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nisbah Aktiva Tetap Terhadap Modal Bersih?

Nisbah aktiva tetap terhadap modal bersih adalah perhitungan sederhana yang menjadi indikator solvabilitas perusahaan. Perhitungan ini menunjukkan proporsi aktiva tetap perusahaan yang sedang dibekukan atau tidak bisa digunakan karena harus memenuhi kewajiban utangnya. Dengan menggunakan nisbah ini, dapat diketahui seberapa banyak aset perusahaan yang tidak dapat digunakan.

Perhitungan Nisbah Aktiva Tetap Terhadap Modal Bersih

Rumus yang digunakan untuk menghitung nisbah aktiva tetap terhadap modal bersih adalah:

Nisbah Aktiva Tetap Terhadap Modal Bersih = Aktiva Tetap / Modal Bersih

Jika nilai yang didapatkan dari perhitungan tersebut lebih tinggi dari 0.75 menandakan bahwa perusahaan berinvestasi berlebihan dalam aset non-likuid. Hal ini berarti bahwa uang tunai yang tersisa terlalu sedikit untuk menjalankan operasional perusahaan. Hasil nilai yang tinggi juga berarti perusahaan tidak dapat memanfaatkan aktiva tetapnya secara efisien. Idealnya, perusahaan dengan nisbah aktiva tetap terhadap modal bersih 0.50 atau lebih rendah dianggap baik.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Nisbah

“Angka yang menunjukkan perbandingan antara satu nilai dan nilai lainnya secara nisbi, yang bukan perbandingan antara dua pos dalam laporan keuangan dan dapat digunakan untuk menilai kondisi perusahaan; sin. rasio (ratio).”

Selengkapnya

Aktiva Tetap

“Kekayaan berwujud yg secara relatif tahan lama dan biasanya digunakan dl menghasilkan barang dan jasa serta tidak disimpan untuk dijual lagi.”

Selengkapnya

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo